Sen. Okt 21st, 2019

OkeTrans22

Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan

16 Desa Wisata di Jogja yang Asri dan Menarik untuk Dikunjungi

4 min read
Tempat Wisata
Desa Wisata Ketingan

Yogyakarta atau ada yang menyebutnya sebagai jogjakarta merupakan sebuah propinsi yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Bahkan nama dari propinsi yang satu ini tidak terbatas pada wisatawan dalam negeri saja. Nama Jogja sudah bisa dikatakan menyebar hingga ke manca negara. Sebagai salah satu tempat wisata di Indonesia, kota jogja memang memiliki perbedaan dengan destinasi wisata yang lain.

Salah satu hal yang membuatnya berbeda adalah destinasi wisata yang satu ini masih kental dengan suasana budaya tradisional jawa. Meskipun sudah banyak sekali unsur modern yang dapat kita temukan di setiap sudut jogja. Jogjakarta memang sudah cukup terkenal sebagai destinasi wisata budaya di Indonesia yang bisa dikatakan tak akan pernah terlupa.

Jika kita hanya melihat dari segi wisata budayanya saja, maka bisa dikatakan sangat disayangkan. Padahal ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang tersebar di setiap daerahnya. Salah satu dari sekian banyak yang cukup terkenal adalah beberapa desa wisata di Jogja. Ada beberapa destinasi wisata yang cukup menarik, berupa desa wisata yang dapat kita kunjungi, seperti:

1. Desa Wisata Ketingan

Desa Wisata KetinganDesa wisata di jogja yang pertama adalah salah satu dari beberapa destinasi yang cukup terkenal di tempat wisata di Sleman. Desa wisata yang satu ini merupakan salah satu desa wisata yang bisa dikatakan cukup baru. Mungkin bagi beberapa pelancong nama desa wisata Ketingan belum terlalu banyak dikenal pada beberapa tahun terakhir. Namun, hal tersebut bukan berarti menunjukan desa wisata yang satu tidak menarik.

Justru kawasan desa wisata ketingan ini merupakan salah satu lokasi yang sangat wajib kita kunjungi. disini kita akan disambut dengan suasana alami pedesaan yang masih sangat tenang. Selain itu kita juga masih dapat melihat banyaknya kawasan burung kuntul yang berada di area persawahan. Tak mengherankan jika dengan kondisi seperti itu, desa wisata ketingan menjadi salah satu tempat hunfot di Sleman yang cukup terkenal. Jika kalian sedang berada di jogja maka sebaiknya datang saja berwisata alam ke desa yang terletak di  Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta.

2. Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata kasonganNama dari desa wisata kasongan memang sudah sangat terkenal di jogja. kawasan desa wisata yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu lokasi yang cukup sering diburu oleh para wisatawan. Jika kalian datang berkunjung ke desa wisata yang satu ini mungkin kalian tak akan menemukan hamparan sawah. Namun, kalian akan menemukan banyak sekali toko kerajinan gerabah yang sangat terkenal. Hasil kerajinan gerabah di lokasi ini memang cukup terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas jogja.

Kawasan desa wisata Kasongan ini sudah terkenal cukup lama di jogja. Bahkan jika kita tarik kebelakang mungkin bisa dikatakan kerajinan gerabah di desa yang satu ini sudah ada sejak masa penjajahan belanda. Desa wisata kasongan sendiri sudah terkenal di kalangan para wisatawan sebagai salah satu tempat wisata belanja di jogja yang cukup menarik.

Ketika kita berkunjung maka ada banyak sekali kerajinan gerabah yang kebanyakan berupa perabotan dapur. Desa wisata yang berada di pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta, ini wajib masuk kedalam daftar kunjungan kalian di jogja.

3. Desa Wisata Brayut

Desa wisata BrayutTempat desa wisata di jogja yang selanjutnya masih berada di kawasan kota Sleman. Desa wisata Brayut merupakan salah satu dari beberapa desa wisata yang cukup menarik di jogja. Kawasan wisata yang satu ini akan memberikan pengalaman menarik pada mereka yang berkunjung, terutama pengalaman menjalani kehidupan pedesaan dengan segala aktivitsnya. Kawasan wisata yang satu ini mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu dari beberapa tempat wisata edukasi di Jogja yang cukup menarik.

Para wisatawan yang datang berkunjung dapat mengikuti berbagai macam jenis pelatihan yang tentu saja harus membayar terlebih dahulu. Desa wisata brayut menyediakan berbagai macam jenis wisata pelatihan yang cukup menyenangkan, seperti pelatihan menari, gamelan, dan pelatihan dalam pengolahan sawah secara tradisional. Jika kalian mencari sebuah wisata yang cukup menarik, maka kawasan desa wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan.

4. Desa Wisata Tembi

Desa Wisata TembiJika kalian ingin belajar mengenai kebudayaan jawa, maka kawasan wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan yang cukup menarik. Kawasan desa wisata tembi merupakan salah satu dari beberapa kawasan desa wisata yang sudah sangat terkenal di jogja. Kawasan desa wisata tembi ini sendiri bisa dikatakan sudah ada sejak dari tahun 1994 silam.

Hingga sekarang desa wisata tembi ini telah menjadi salah satu dari beberapa desa wisata terbaik yang ada di kawasan jogja. Bahkan beberapa tahun silah kawasan desa wisata tembi ini mendapat predikat sebagai salah satu desa wisata terbaik di ASEAN. Jika berbicara mengenai fasilitas maka kawasan desa wisata yang satu ini memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Kawasan desa wisata ini memiliki homestay yang bisa dikatakan masih memiliki suasana tradisional yang cukup kental, namun mendapat sedikit sentuhan modern. Selain itu kawasan desa wisata ini juga memiliki beberapa galeri seni yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Desa wisata yang berada di dusun Tembi Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul, ini tak akan memberikan rasa kecewa dalam liburan kalian.

5. Desa Wisata Krebet

Desa Wisata KrebetKerajinan batik merupakan salah satu jenis kerajinan yang cukup terkenal di jogja. selama ini kita mengenal berbagai macam jenis motif batik dan jenis batik yang terlukis di atas kain. Namun, kawasan desa wisata di jogja yang satu ini mungkin bisa dikatakan cukup berbeda daripada yang lain. Kawasan wisata desa krebet ini akan mengajarkan kita teknik membatik yang tak biasa. Hal tersebut dikarenakan media kita saat membatik bukanlah kain.

Jika kita mengunjungi desa ini, maka media yang kita gunakan untuk membatik adalah media kayu. Sensasi membatik di atas media kayu pastinya akan memberikan pengalaman yang cukup menarik dan berbeda dari biasanya. Jika kalian tertarik untuk menikmati pengalaman tersebut maka datang saja ke Desa wisata Krebet yang berada di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul.

Selain beberapa lokasi yang disebutkan di atas, masih ada beberapa lokasi lain, seperti:

  1. Desa Wisata Tanjung
  2. Desa Wisata Pentingsari
  3. Desa Wisata Karang Tengah
  4. Desa Wisata Nglinggo
  5. Desa Wisata Manding
  6. Desa Wisata Candran
  7. Desa Wisata Kembang Arum
  8. Desa Wisata Banyusumurup
  9. Desa Wisata Trumpon
  10. Desa Wisata Kebon Agung
  11. Desa Wisata Sambi

Itulah tadi beberapa destinasi desa wisata di Jogja yang bisa kalian kunjungi. Pastinya setiap desa wisata tersebut akan memberikan pengalaman yang berbeda-beda. Setiap lokasi akan mampu membuat liburan kalian menyenangkan. Semoga informasi tadi bermanfaat.