17 Kuliner Buka Puasa di Magelang yang Terenak

Tempat Wisata

228 total views, 3 views today


Sebagai salah satu destinasi tempat wisata di Indonesia, Jawa tengah memang memiliki banyak sekali lokasi wisata yang bisa dikatakan tak pernah habis. Berbagai macam jenis lokasi yang menarik selalu dapat menyita perhatian para pengunjung.

Jika kita berbicara jenis wisata yang sangat tempat dengan suasana ramadhan, pastinya antara wisata religi atau wisata kuliner. Ada sebuah kota di Jawa tengah yang juga terkenal sebagai destinasi tempat wisata di jawa tengah. Nama kota ini adalah kota magelang, sebuah kota yang berada di antara perbatasan jogja dan jawa tengah. Kota yang satu ini merupakan salah satu destinasi yang cukup menarik jika kita berhubungan dengan wisata kuliner.

Ketika kita berbicara mengenai wisata kuliner yang berhubungan dengan menu buka puasa. Maka ada beberapa kuliner buka puasa di magelang yang pastinya tak akan bisa kalian lewatkan begitu saja. beberapa makanan yang mungkin tidak dapat kalian temukan di beberapa lokasi lain. Magelang sendiri memiliki beberapa menu makanan dan tempat makan yang sangat khas. Beberapa lokasi tersebut adalah

1. Mangut Beong

Mangut BeongBagi mereka yang menyukai makanan pedas mungkin kuliner buka puasa di Magelang yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Makanan yang satu ini mungkin sedikit banyak mirip dengan cara pengolahan mangut yang juga terkenal kita temukan di beberapa tempat berbuka di jogja. salah satu ciri khas dari menu makan yang satu ini adalah menggunakan ikan lele goreng yang kemudian disiram dengan kuah mangut pedas. Mangut beong ini juga menggunakan ikan yang masih kerabat dekat dengan lele.

Ukuran ikan yang digunakan dalam mangut beong ini sendiri bisa dikatakan jauh lebih besar jika di bandingkan dengan mangut lele. Penjual mangut beong ini sendiri dapat kita temukan di beberapa lokasi di daerah magelang. Namun, salah satu lokasi yang cukup terkenal untuk menikmati ini adalah mangut beong sehati yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur. Menyantap seporsi mangut bong ini bisa digunakan untuk bersama-sama. setidaknya jika kita menggunakan ikan utuh maka satu porsi bisa untuk dua orang.

2. Sup Senerek

Sup SenerekSelain terkenal dengan beberapa destinasi tempat wisata di magelang. Kota yang satu ini juga merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak sekali sejarah. Pada masa penjajahan kota yang satu ini merupakan salah satu pusat pengumpulan tentara belanda. Maka tak mengherankan jika kadang ada beberapa makanan yang menyerupai mendapatkan ide dari makanan khas belanda. salah satu kulinernya adalah erwtensoep. Namun, oleh masyarakat sekitar kemudian diganti dan di modifiksi menjadi sup senerek. Menu makan yang satu ini sangat cocok jika kita jadikan sebagai salah satu menu berbuka.

Rasa supnya yang relatif ringan dan segar akan memberikan kesegaran tersendiri. Jika kita berkunjung ke kota magelang maka , ada beberapa lokasi yang menjual sup yang satu ini. Namun, salah satu lokasi yang cukup terkenal untuk menjual menu makan yang satu ini adalah Sup Senerek pak Parto.

Jika kalian berkesempatan untuk datang berkunjung ke magelang maka sebaiknya sempatkan diri untuk mengunjungi lokasi ini. Sup Senerek biasanya terdiri dari wortel, kemudian kacang merah dan beberapa sayuran lain. Rasa segar dari kuah sup senerek ini pastinya akan memberikan kepuasan saat kita berbuka nanti.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495633218343-2’); });

3. Mangut Bawal

Mangut BawalMangut adalah salah satu kuliner yang cukup terkenal di kawasan Magelang, Solo, dan juga Jogja. jika kita mengunjungi beberapa lokasi wisata kuliner di tempat-tempat tersebut maka kita akan dapat menemukan lokasi yang menjual masalah ini. Jika mangut biasanya identik dengan yang namanya ikan lele. Maka lokasi yang satu ini akan memberikan sentuhan yang cukup berbeda dalam masakan mangutnya. Ikan yang digunakan untuk memasak mangut ini menggunakan ikan bawal. Tentu saja citarasanya akan sedikit berbeda dengan mangut yang menggunakan ikan lele.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495633218343-1’); });

Namun, satu hal yang pasti adalah, menu yang satu ini masish tetap nikmat untuk kita santap saat berbuka nanti. Salah satu lokasi yang cukup terkenal dengan mangut bawalnya adalah Warung purnama. Tempat makan yang satu ini terletak tak jauh dari jembatan sungai pabelan. Jika kalian akan menuju kawasan jogja dan melewati jalan Magelang Jogja, maka tempat makan yang satu ini tak akan susah untuk di temukan.

4. Kupat Tahu

Kupat TahuJika kita berbicara mengenai makanan yang sangat khas dengan kota magelang ya pastinya kupat tahu. Makanan yang satu merupakan salah satu makanan yang cukup sering dipilih sebagai menu berbuka puasa di kawasan magelang. Rasanya yang nikmat dengan porsi yang cukup pas karena tidak terlalu banyak sangat cocok sebagai makanan saat berbuka. Namun, ada juga yang menjadikan menu makanan yang satu ini sebagai salah satu menu pembuka.

Jika kita perhatikan dengan seksama, mereka yang menjual kupat tahu di kawasan magelang terdiri dari dua bagian. Pertama adalah mereka yang menggunakan bumbu kacang yang di uleg kasar, dan yang kedua adalah mereka yang menggunakan bumbu kacang yang di uleg halus. Jika kita harus membandingkan keduanya pasti sangat susah. Semua akan tergantung kenikmatan dan selera masing-masing.

Di kawasan magelang sendiri lokasi yang cukup terkenal dengan kupat tahunya adalah Tahu Pojok dan Kupat Tahu Pak Pangat. Namun, sebenarnya ada banyak sekali penjual kupat tahu yang ada di kawasan magelang, jadi kita tak akan susah untuk mencarinya.

5. Nasi Lesah

Nasi LesahKuliner buka puasa di magelang yang satu ini bisa dikatakan cukup berat dan sangat mengenyangkan. Jadi jika kalian berencana untuk berbuka dengan menu yang satu ini, sebaiknya jangan makan terlalu banyak dulu. Nasi lesah merupakan salah satu kuliner khas magelang yang cukup sering di cari. Jika kita perhatikan secara sekilas maka nasi lesah ini sendiri tidak jauh berbeda dengan nasi soto yang biasa kita temukan. Namun, hal yang membuat nasi ini menjadi sangat berbeda adalah kuahnya yang menggunakan campuran santan.

Campuran santan ini yang menjadikan kuah terasa jauh lebih gurih dan cukup berat. Untuk isian sendiri bisa dikatakan cukup mirip dengan nasi soto yang biasa kita temukan. Salah satu sarannya untuk makan menu yang satu ini sebaiknya lakukan setelah sholat tarawih. Jika kalian mencari menu ini, maka salah satu lokasi yang pas adalah Nasi Lesah pak Badut yang ada di kawasan Pasar Rejowinangun.

Selain beberapa kuliner yang disebutkan di atas, masih ada beberapa kuliner lain, seperti

  1. Es Semanggi
  2. Wedang Kacang Kebon
  3. Soto Mbah Mul
  4. Ikan Bakar Pancingan Ninit
  5. Es Krim Mahkota
  6. Getuk Lindri
  7. Gethuk Gondok
  8. Nasi Goreng Pak Kadis
  9. Konro Bakar Bumbu Kacang
  10. Warung Roda Tiga Pak No
  11. Bakmi Jendralan
  12. Bakmi Jawa Pak Yatno

Itulah tadi beberapa kuliner buka puasa di magelang yang bisa kalian kunjungi saat berkunjung nanti. Dengan berbagai macam jenis kuliner yang ada, maka sebaiknya sesuaikan menu dengan kesukaan kalian sendiri-sendiri. Soal cita rasa, maka semuanya di jamin nikmat. Semoga informasi tadi bermanfaat.

The post 17 Kuliner Buka Puasa di Magelang yang Terenak appeared first on TempatWisataUnik.com.



Source link