Sel. Des 10th, 2019

OkeTrans22

Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan

18 Kuliner Buka Puasa di Aceh yang Halal dan Enak

5 min read
Tempat Wisata

[ad_1]

Mie Aceh

Ketika kita berbicara mengenai bulan ramadhan dan menghubungkannya dengan destinasi tempat wisata di Indonesia. Maka, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita bicarakan, kita bisa saja membahas mengenai berbagai macam jenis wisata religi di Indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ada banyak sekal lokasi-lokasi wisata di Indonesia yang kental dengan nila religinya.

Lokasi tersebut dapat kita temukan di hampir semua provinsi yang ada di indonesia. jika kita membahas mengenai sisi religi saja, mungkin aceh adalah salah satu lokasi yang cukup tepat. Propinsi yang berada di ujung utara Pulau Sumatra ini memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang cukup menarik. Ada banyak sekali tempat wisata religi di Aceh yang dapat kalian kunjungi ketika bulan ramadhan.

Kita akan memang akan membahas mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan aceh. Tapi, kita tidak akan membahas mengenai tempat wisata di aceh. Kita akan membahas mengenai beberapa kuliner buka puasa di aceh. Kalau memang sedang membahas bulan ramadhan, maka wisata kuliner adalah salah satu hal wajib dab tidak boleh di tinggalkan. Aceh sendiri memiliki banyak sekali jenis kuliner yang cukup menarik untuk dijadikan menu berbuka. Beberapa kuliner tersebut adalah

1. Mie Aceh

Mie AcehKuliner buka puasa di Aceh yang satu ini memang sudah sangat terkenal. Bahkan hampir disetiap daerah di Indonesia pasti dapat kita temukan menu yang satu ini. Bisa dikatakan bahwa mie aceh adalah salah satu kuliner yang memperkenalkan aceh ke banyak daerah. Mie aceh sendiri merupakan salah satu incaran wajib bagi mereka yang datang ke kota Serambi mekah. Jika kalian belum tahu, maka Kota Aceh juga mendapat julukan sebagai Kota Serambi Mekah.

Menikmati seporsi mie aceh pastinya cukup mengenyangkan. Hal tersebut karena porsinya yang cukup besar dan sangat mengenyangkan. Mie aceh sendiri dapat di olah dengan cara di rebus maupun di Goreng, manapun yang kalian pilih akan tetap memberikan rasa kepuasan tersendiri. Mie aceh biasanya juga di temani dengan irisan daging sapi atau beberapa juga menggunakan seafood.

Rasa dari mie aceh ini sendiri cenderung pedas gurih, rasa pedas sendiri berasal dari rempah-rempah yang digunakan. Salah satu lokasi yang cukup terkenal untuk menikmati mie aceh ada di Mie Razali yang beralamat di Jl. T. Panglima Polem No.83-85, Peunayong, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh.

2. Sate Matang

Sate MatangSate memang bukan hanya milik wisata kuliner madura saja, pada dasarnya setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki sajian menu sate yang berbeda-beda. Kota Aceh sendiri memiliki sebuah menu sate yang cukup berbeda dari biasnaya. Menu sate yang satu ini disebut sebagai sate matang. Penyebutan kata matang ini sendiri bisa disebabkan karena dua hal, yang pertama karena memang sate ini berasa dari daerah matang di Bireun.

Namun, alasan yang kedua adalah sate ini sebenarnya sudah matang bahkan sebelum di bakar. Sate matang memang memiliki proses pemasakan yang cukup unik dan menarik. Sebelum di bakar maka daging sate akan terlebih dahulu di ungkep dengan beberapa bumbu-bumbu khas aceh. Ketika sate itu sudah matang maka barulah kemudian sate di bakar di atas bara.

Dengan dua kali proses pemasakan tersebut maka menghasilkan cita ras sate yang cukup berbeda dari biasanya. Untuk dapat menikmati menu sate matang ini sendiri bukanlah hal yang susah. Ada banyak sekali lokasi yang bisa kalian pilih, salah satunya adalah Sate Matang D’Wan yang beralamat di Blang Cut, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495633218343-2’); });

3. Kuah Pliek U

Kuah Pliek UKuliner buka puasa di aceh yang satu ini merupakan salah satu kuliner yang cukup nikmat dan wajib di coba. makanan yang satu ini mungkin sekilas mirip gulai, namun pada dasarnya cukup berbeda jauh. Meskipun keduannya sama-sama menggunakan santan kelapa kental sebagai campuran kuahnya. Kuah Pliek U merupakan salah kuliner yang cukup familiar bagi masyarakat aceh. Selain berfungsi sebagai makanan, maka Kuah Pliek U ini juga berfungsi sebagai simbol kekerabatan dalam masyarakat aceh.

Isi dari Kuah Pliek U ini sendiri kebanyakan adalah sayuran yang berasal dari aceh. Jika dilihat lebih jauh maka pada dasarnya menu yang satu ini berasal dari kawasan aceh barat. Untuk mencari menu Kuah Pliek U saat bulan puasa bukanlah hal yang susah.

Kita bisa saja berkunjung ke berbagai rumah makan yang ada di aceh. Pasti kita akan menemukan Kuah Pliek U sebagai salah satu menu yang dihidangkan bagi pengunjung. Rasa dari Kuah Pliek U ini sendiri memang terasa gurih dan nikmat.

4. Gulai Kambing

Gulai KambingKetika bicara mengenai aceh maka gulai kambing atau kari kambing adalah salah satu menu yang bisa dikatakan cukup familiar. Menu masakan yang satu ini dapat kita temukan di berbagai kawasan di daerah aceh. Biasanya menu yang satu ini akan di makan dengan nasi atau pun dengan roti canai, serta tak jarang juga menu yang satu ini dimakan sebagai bahan pelengkap untuk menikmati seporsi martabak mesir khas aceh.

Cita rasa dari gulai kambing yang ada di aceh ini sangat berbeda jauh dengan cita rasa gulai kambing yang ada di daerah beberapa tempat berbuka di solo. Sebagaimana yang kita ketahui solo adalah satu kota yang cukup terkenal dengan menu olahan gulai kambingnya. Olahan gulai kambing yang di aceh jauh lebih gurih dengan berbagai macam jenis rempah yang nikmat dan menggoda.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495633218343-3’); });

5. Kuah Sie Itek

Kuah Sie ItekKuliner buka puasa di aceh yang satu ini merupakan salah satu menu yang berasal dari olahan itik dan bebek. Menu olahan yang satu akan sangat berbeda dengan menu olahan daging itik dan daging bebek yang kita temukan di banyak daerah. Hal tersebut karena menu yang satu ini sangat khas berasal dari aceh dengan bumbu rempah yang juga sangat khas aceh. Banyak yang menjadikan menu makanan yang satu ini sebagai salah satu menu buka mereka.

Bagi mereka yang sudah merasakan masakan ini, akan jatuh cinta dengan rasa gurih dan pedas di dalamnya. Untuk dapat menemukan menu yang satu ini bukanlah sebuah hal yang susah. Kita bisa mengunjungi salah satu lokasinya yaitu Bu Sie Itek Bireuen yang ada di alamat Geuceu Kayee Jato, Banda Raya, Kota Banda Aceh.

Selain beberapa kuliner yang disebutkan di atas, masih ada beberapa jenis kuliner lain, seperti

  1. Ayam Tangkap
  2. Rujak Aceh
  3. Martabak Aceh
  4. Ungkot Kemamah
  5. Kue Adee
  6. Kue Timphan
  7. Bohromrom
  8. Pacri Nanas
  9. Nasi Gurih
  10. Bubur Kanji Rumbi
  11. Roti Canai Aceh
  12. Eungkot Paya
  13. Sie reubeh

Itulah tadi beberapa kuliner buka puasa di aceh yang bisa kita temukan. Setiap kuliner  tersebut memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yang membuatnya menjadi menarik dan nikmat. Semoga informasi tadi bermanfaat.

The post 18 Kuliner Buka Puasa di Aceh yang Halal dan Enak appeared first on TempatWisataUnik.com.

[ad_2]

Source link