6 Wisata Pacitan Jawa Timur Ini Jadi Tempat Favorit Saat Libur Lebaran

Tempat Wisata

48 total views, 6 views today

Kabupaten Pacitan menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi sebagai tempat libur lebaran di Jawa Timur. Pesona alamnya memang begitu mengangumkan, tak heran potensi pariwisata di Kabupaten Pacitan memang menjanjikan. Ada banyak wisata-wisata menarik yang ditawarkan di kota Ini, mulai dari goa-goa nya yang eksotis, pantai-pantai yang yang indah, hingga masih banyak lainnya. Bahkan Pacitan juga memiliki tempat wisata yang cukup populer hingga ke mancanegara, yaitu Goa Gong yang dijuluki Goa paling indah se Asia Tenggara. Nah berikut ini beberapa wisata di Pacitan yang menjadi tempat favorit saat libur lebaran.

1. Pantai Klayar

Siapa yang tidak mengenal Pantai Klayar? Tempat wisata di Pacitan ini memang menjadi objek wisata unggulan di Pacitan. Sayang sekali jika anda tak mengunjungi tempat ini saat berlibur di Pacitan. Hal ini karena keindahan alam yang ada di pantai ini begitu mengagumkan dan tiada duanya. Pantai ini selalu ramai dipenuhi wisatawan, baik dalam negeri hingga mancanegara. Lokasinya sekitar 45 km dari kota Pacitan, tepat berada di Kecamatan Donorojo, Pacitan. Tak hanya keindahan pantainya saja yang menjadi dya tarik utama, namun ada keunikan tersendiri yang tidak bisa anda temukan di tempat lainnya. Yaitu sebuah Seruling Laut yang merupakan batu karang berukuran besar dan terdapat celah di bagian tengahnya. Ketika terhempas ombak laut, maka celah karang ini akan berbunyi mirip seperti siulan serta memancarkan air ke atas. Pantai Klayar juga mempunyai ombak yang besar khas dari pantai Selatan.

2. Pantai Banyu Tibo

Masih segaris dengan pantai Klayar, anda bisa mengunjungi Pantai Banyu Tibo yang juga menjadi salah satu Tempat wisata di Pacitan yang menarik libur lebaran tiba. Uniknya, di pantai ini anda bisa menemukan air terjun yang berukuran mini di pinggiran pantai. Air terjun ini uniknya tidak asin, namun berupa air tawar sehingga anda bisa langsung membasuh badan ketika puas bermain-main di pantai. Ditambah lagi dengan pemandangan pasir pantainya yang bersih dan putih, menambah keelokan tersendiri dari Pantai Banyu Tibo. Apalagi jika anda memandangnya dari atas baru karang yang ada di sekitar pantai, akan sangat mempesona dan menyejukkan mata. Hanya saja di saat siang hari, air laut yang ada di tempat ini akan mengalami pasang. Sehingga pantai hanya dapat dinikmati saat pagi maupun sore hari.

3. Goa Gong

Kota Pacitan memang memiliki banyak wisata gua yang wajib dikunjungi saat berlibur di kota ini. Dan salah satunya yaitu, Goa Gong yang memang sudah terkenal dengan keindahan di dalamnya. Berlokasi di Desa Bomo, Kec. Punung, tempat wisata Indonesia terindah ini menyajikan pemandangan stalagtit yang membuat takjub. Goa ini cukup dalam sekitar 700-800 meter, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama jika ingin mengelilingi 7 ruangan goa besar di dalamnya. Masing-masing ruang yang ada di dalam Goa gong ini memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Seperti misalnya terdapat ruangan yang dikenal sebagai Sendang Bidadari, ruangan ini mempunyai genangan air yang sangat jernih. Keunikan lainnya dari Goa Gong ini adalah terdapat batu yang jika dipukul menghasilkan bunyi mirip seperti suara gong. Sehingga Goa ini dikenal dengan nama Goa Gong. Jika anda penasaran dan ingin menyusuri apa saja yang ada di dalam Goa Gong, tak perlu menyiapkan senter maupun alat penerangan lainnya. Sebba, di dinding-dinding goa sudah dipasang banyak lampu penerangan yang membuat Goa Gong tak gelap seperti goa lain pada umumnya.

 

4. Sungai Maron

Penampakan Sungai Maron ini sangat mirip dengan wisata Green Canyon yang ada di Amerika. Anda bisa menyusuri wisata Indonesia seperti luar negeri sembari menaiki perahu dan melihat pemandangan alam yang begitu asri di sekitarnya. Wisata Sungai Maron berlokasi di Desa Dersono, Kec. Pringkulu, hanya sekitar 45 menit saja dari kota Pacitan. Jadi hanya dibutuhkan sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan sja. Sungai ini masih sangat alami, aliran airnya pun sangat bersih dan jernih. Tak heran, hal ini dikarenakan sungai maron sangat vital untuk warga setempat sehingga keasriannya dijaga dengan sangat baik. Sungai Maron menjadi sumber pengairan untuk warga serta habitat bagi ikan-ikan. Bahkan setiap tahunnya, sungai maron juga dipergunakan sebagai tempat lomba.

4. Goa Tabuhan

Selain Goa Gong, wisata Goa lainnya yang juga bisa anda kunjungi selama di Pacitan adalah Goa Tabuhan. Goa ini memiliki keunikan yang mungkin jarang anda temukan pada wisata goa lainnya. Hal ini karena stalagtit yang ada di dalam Goa Tabuhan ini akan berbunyi saat diketuk, mirip seperti bunyi gamelan. Goa ini pun juga sering dijadikan tempat bermain musik bagi warga sekitar. Karena itulah goa ini dikenal sebagai tabuhan. Dalma bahasa jawa “tabuhan” memiliki arti “memukul alat musik”. Dibandingkan Goa Gong, kedalaman goa ini hanya sekitar 100 meter saja. Namun keindahannya tak boleh diragukan. Tertarik mengunjungi wisata alam Indonesia yang tersembunyi ini, maka anda bisa mengunjunginya di Kecamatan Punung, Pacitan.

5. Pantai Watu Karung

Bagi anda pecinta surfing, maka jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini. Pantai tersembunyi di Pacitan ini adalah surganya bagipara peselancar. Pantai Watu karung memiliki ombak yang besar dan spesial, yang tentu saja sangat menantang adrenalin. Lokasinya berada di Desa Widoro, Kec. Donorejo, cukup terpencil dan tersembunyi. Jadi jangan heran jika akses jalan untuk ke Pantai Watu Karung agak sulit. Meskipun begitu, segala usaha anda akan terbayarkan dengan pemandangan pasit putihnya yang bersih dan pemandangan pulau karang yang terlihat eksotis. Ditambah lagi dengan air lautnya yang jernih dan ombak yang besar serasa menghilangkan rasa lelah anda. Tak hanya dapat menikmati pemandangan alamnya saja, namun anda juga bisa berwisata kuliner sambil menikmati pantainya yang indah. Tidak hanya pemandangan alam berupa pantai, anda juga bisa berwisata kuliner, nikmat bukan? menyantap makanan sambil menikmati pemandangan pantai yang indah

 

6. Pemandian Banyu Anget

Setelah lelah menikmati segala aktivitas wisata yang menarik di Pacitan, anda bisa pergi untuk berelaksasi ke Pemandian Banyu Anget. Berendam di dalam air panas setelah sehari berjalan-jalan tentunya akan sangat menyenangkan. Pemandian Banyu Anget ini terletak di Desa Karangkejo, Kecamatan Arjosari, Pacitan, hanya sekitar 15 km saja dari pusat kota. Sumber air panas yang mengalir di kolam-kolam pemandian ini berasal dari Perbukitan Kapur yang ada di dekatnya. Tak hanya bisa berendam di dalam air panas, namun anda juga bisa melihat pemandangan alam yang asri di sekitarnya. Di sekeliling pemandian anda akan ditemani dengan pemandangan bukit-bukit hijau yang membuat suasana semakin menyenangkan.

Nah itu tadi beberapa pilihan tempat wisata di Pacitan yang wajib anda kunjungi saat berlibur lebaran di kota ini. Anda bisa mengajak serta keluarga berlibur bersama sambil menikmati keindahan wisata di Pacitan.

The post 6 Wisata Pacitan Jawa Timur Ini Jadi Tempat Favorit Saat Libur Lebaran appeared first on TempatWisataUnik.com.

Source link