Sel. Des 10th, 2019

OkeTrans22

Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk via Youtube

Berwisata alam ke air terjun sri gethuk yang terletak di kecamatan Playen yang syarat akan mitos ini akan menghadirkan nuansa yang berbada. Pasalnya untuk sampai ke lokasi air terjun kita harus melalui perjalanan yang tidak biasa.

Jika pada umumnya rute menuju lokasi wisata yang ada di tengah hutan harus melalui rute jalan setapak yang harus dilalui dengan berjalan kaki, namun tidak sama halnya dengan rute menuju air terjun sri gethuk.

Kamu harus menggunakan rakit untuk menyusuri sungai. Karena air terjun ini berada di tepi sungai oyo. Melihat dari jalur yang harus kita lalui saja sudah menunjukkan bahwa air terjun ini memiliki keunikan tersendiri.

Kamu akan melalui perjalanan yang tidak akan terlupakan, di sepanjang aliran sungai kamu akan melihat pemandangan yang menakjubkan yang berupa tebing – tebing batu kapur di bagian kanan dan kiri serta ribuan pohon yang berdiri kokoh seolah sedang melindungi air terjun yang ada di dalamnya.

Buat kamu yang menyukai petualangan yang menantang belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi air terjun sri gethuk ini dan belum merasakan sensasinya yang luar biasa.

Kamu bisa menuntaskan hobi traveling kamu sambil terapi ketenangan jiwa dan pikiran karena tempatnya yang cukup tenang dan sunyi sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan tubuh dan pikiran akibat padatnya rutinitas harian selama ini.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk via Youtube

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk via Youtube

Mitos Disekitar Air Terjun Sri Gethuk

Siapa yang tidak mengenal kota Yogyakarta yang syarat akan tradisi dan cerita mistis. keberadaan keraton Yogyakarta menambah nilai tradisi dan budaya yang semakin kental dan erat. Warga Jogja meyakini adanya keterkaitan setiap air terjun dengan penunggu disekitar objek wisata. Begitu pula dengan air terjun sri gethuk ini dipercaya menyimpan cerita mitos dan mistis.

Menurut kepercayaan dan cerita yang beredar di masyarakat kawasan air terjun ini merupakan daerah kekuasaan dan lokasi kerajaan jin yang dipimpin oleh seorang raja yang bernama Anggo Menduro yang menyukai musik tradisional jawa.

Nah air terjun ini menyimpan peralatan gamelan jawa tersebut. menurut pengalaman beberapa pengunjung ada yang pernah mendengar suara gamelan yang tidak terlalu kencang namun juga tidak terlalu pelan.

Namun setelah dicari dan didekati suara tersebut menghilang begitu saja. menurut cerita yang beredar di antara suara musik jawa tersebut hanya kethuk dan slompret yang terdengar bunyinya dan lebih didominasi oleh suara gamelan atau kethuk. Sehingga warga sekitar menyebut air terjun ini sebagai air terjun sri kethuk dan kemudian di plesetkan menjadi sri gethuk.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Air terun sri gethuk berada di tengah hutan di tepi sungai oyo dengan suasana yang masih sangat alami dan teduh. Berada di salah satu kabupaten yang ada di Kota Yogyakarta membuatnya termasuk ke dalam jejeran wisata alam Jogja yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Kota ini.

Namun lokasinya cukup jauh dari pusat kota yaitu berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Meski berada cukup jauh dari pusat kota namun lokasinya cukup mudah ditemukan, karena air terjun ini cukup popular di kalangan wisatawan.

Kabupaten Gunung Kidul ini berada di dataran yang cukup tinggi sehingga untuk sampai ke lokasi kamu akan melalui jalanan yang didomiasi oleh tikungan dan tanjakan, namun tidak perlu cemas karena jalannya sudah diaspal dan cukup mudah dilalui, namun kamu perlu berhati – hati dan persiapkan kondisi mesin kendaraanmu dengan baik agar.

Wisata terkait: Wisata Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Meski lokasinya air terjun ini berada di tengah hutan  namun lokasinya sangat mudah ditemukan. Untuk rute menuju lokasi juga sangat mudah dilalui dengan sepeda motor atau mobil. Jika kamu akan memulai perjalanan bisa mengikuti rute menu lokasi yang akan kami jelaskan berikut ini:

Perjalanan akan dimulai dari pusat kota Jogja lalu ambil arah menuju jalan Wonosari atau jalur utama kota Jogja kemudian jalan terus dan ambil arah menuju Piyungan lalu lanjutkan perjalanan menuju Pathuk, lalu terus lanjutkan perjalananmu sampai ke Sambitan.

Lalu jalan terus sampai kamu menemukan pertigaan lanut TNI AU yaitu lapangan Gading lalu silahkan ambil arah ke kanan menuju ke Palyen. Lalu jalan terus sampai kamu menemukan pasar Playen dan ikuti jalan utama ini sejauh 500 meter maka kamu akan menemukan lokasi air terun sri gethuk.

Jika kamu masih ragu silahkan bertanya kepada warga sekitar dimana lokasi wisata air terjun gethuk ini. jangan takut bertanya sebab warga disekitar sangat ramah dan bersahabat.

Selain itu kamu juga bisa melihat papan petunjuk jalan yang terpasang di sepanjang perjalanan dari pusat kota hingga ke Kecamatan Playen ini. Atau kamu bisa menggunakan cara yang paling mudah yaitu menggunakan google maps atau peta petunjuk jalan yang bisa diakses melalui android kamu.

Setelah berhasil menemukan papan nama bertuliskan wisata alam air terjun sri pathuk dan memarkirkan kendaraanmu di area parkir yang tersedia kamu harus melanjutkan perjalanan dengan dua rute pilihan. Rute pertama adalah dengan tracking di jalanan yang sempit, melalui hamparan sawah sejauh 450 meter kemudian akan melalui anak tangga yang berjumlah sekitar 96 undakan.

Menysuri Sungai Oya dengan Rakit

Menysuri Sungai Oya dengan Rakit

Rute kedua adalah menyusuri sungai oyo. Inilah perjalanan yang paling seru dan menyenangkan, kamu akan melalui sungai menggunakan rakit yang dibuat dari papan dan drum dan menempuh perjalanan sekitar 7 menit, sungguh perjalanan yang tidak akan terlupakan. Kamu cukup membayar sewa rakit sebesar Rp. 10.000 untuk perjalanan pulang dan pergi.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sri Pethuk

Destinasi wisata alam yang ada di kota Jogja memang terkenal sebagai wisata murah. Jadi buat kamu yang minim modal sangat cocok mengunjungi kota ini. begitu pula dengan wisata air terjun ini juga salah satu wisata murah di Kota Jogja ini.

Anda tidak perlu cemas menghabiskan banyak uang sebab tiket masuknya hanya dibandrol Rp. 10.000 saja. tiket masuk ini pun bisa kamu gunakan untuk masuk ke Goa Rancang Kencono.  Namun buat kamu yang ingin menikmati berbagai perlengkapan yang ditawarkan harus menyiapkan biaya lebih.

Kunjungi juga: Wisata Alam Goa Seropan Gunung Kidul Jogja

Petugas wisata juga menyiapkan paket wisata yang cukup lengkap. Namun untuk menikmati paket wisata yang seru ini kamu perlu membayar uang tambahan sebesar 30. Ribu rupiah saja. paket wisata ini juga dilengkapi dengan seorang pemandu wisata yang akan mengajak kamu berkeliling di air terjun sri pethuk dengan aktivitas seru di dalamnya.

Selain itu buat pengunjung yang berkendara motor atau mobil juga perlu membayar tiket parkir. Harga tiket parkirnya juga sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar 2000 rupiah untuk kendaraan roda dua atau motor, serta 5000 rupiah untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Jam Operasional Wisata Air Terjun Sri Pethuk

Buat kamu yang memiliki rencana berkunjung dan ingi menikmati pesona wisata alam yang berada di kabupaten Gunungkidul ini silahkan datang pada pukul 8 pagi ketika am operasional mulai dilakukan, dan ditutup pada pukul 4 sore. Dengan waktu operasional yang cukup lama ini kamu bisa puas berpetualang air sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Fasilitas Wisata Air Terjun Sri Pethuk

Wisata alam air terjun sri pethuk dikelola oleh pemerintah desa Bleberan yang bekerja sama dengan para pemudaa kreatif terus membangun tempat ini agar layak dikunjungi, pembangunan – demi pembangunan fasilitas tambahan terus dilakukan untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas penunjang yang ditawarkan, diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas dan dijaga keamanannya oleh beberapa pemuda karang taruna
  • Tempat sampah yang diletakkan berejejer di sudut lokasi agar pengunjung bisa membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan dan keindahan lokasi wisata
  • Toilet umum atau kamar bilas bisa digunakan pengunjung mengganti pakaian mereka setelah basah – basahan di bawah air terjun
  • Tempat penitipan barang atau penyewaan loker
  • Tempat penyewaan pelampung atau penyewaan ban
  • Mushola juga dibangun untuk pengunjung muslim yang ingin menunaikan kewajibannya
  • Warung makan sederhana yang dikelola oleh penduduk sekitar menyajikan berbagai menu lokal yang nikmat dan pastinya murah meriah

Pesona Air Terjun Sri Gethuk

Pesona Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Pesona Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun sri gethuk berada di kabupaten Gunung Kidul yang terletak di tengah hutan dan di tepi aliran sungai oyo. Untuk sampai kelokasi kamu harus menyewa rakit dan menyusuri sungai yang diapit oleh batu kapur serta rerimbunan pepohonan. Sungguh suasana alam nan elok.

Suasana sungai akan semakin cantik tatkala musim kemarau tiba, dimana aliran air akan sedikit menyusut dan terlihat sangat jernih berwarna kehijauan dan tenang. Terlihat beberapa ikan yang alu alang di dalam sungai membuat suasana semakin tenang.

Air terjun ini memiliki aliran air yang deras dan jernih. Menurut warga sekitar air ditempat ini tidak pernah kering meski pada saat musim kemarau. Debit airnya hanya sedikit berkurang namun tetap tidak mengurangi keindahan tempat ini.

Sebab aliran air berasal dari 3 sumber mata air yaitu mata air Ngandong, Dong poh, serta Ngumbul. Ketika mata air ini bertemu dan mengumpul kemudian mengalir melalui tebing dan membentuk air terjun yang diberi nama air terjun sri gethuk.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dengan tingkatan air sebanyak 3 hingga 5 terjunan tergantung musim. Di bawah aliran air terjun terdapat sebuah kolam yang terbentuk secara alami.

Di tepian kolam terdapat bebatuan kapur yang tersusun rapi dan dalam tahap pengembangan untuk menjadi destinasi wisata andalan di Gunung Kidul ini.

Terlihat aliran air yang sangat jernih da segar membuat kita tidak sabar untuk nyemplung disana dan bermain air sepuasnya. Terlihat pula keindahan sekitar air terjun yang sangat alami dan terlihat hijau. Menghadirkan pesona alam yang begitu mengesankan.

Buat kamu yang memiliki hobi fotografi sangat cocok datang ke tempat ini dan mencar spot – spot foto menarik. Selain itu kamu juga bisa selfie sepuasnya untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga dan teman terdekat.

Aktifitas Seru di Air Terjun Sri Gethuk

Buat pengunjung yang datang tentu saja bisa menikmati keindahan alam dan air terjun yang mengalir dari ketinggian sekitar 25 meter dengan beberapa tingkatan air serta bebas berfoto selfie.

Selain itu ada banyak kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah arung jeram sungai oya. Menaklukkan derasnya aliran air menggunakan perahu karet bersama orang – orang tercinta.

Selain itu kamu bisa bermain air sepuasnya ditempat ini dan tidak ada salahnya kamu mencoba melompat tebing dari ketinggian kemudian menceburkan diri ke sungai oya.

Sungguh kegiatan yang memacu adrenalin dan sangat menyenangkan. Tunggu apa lagi ayo segera kunjungi wisata alam di kabupaten Gunungkidul ini dan taklukkan sendiri keseruannya.

Aktivitas Seru di Sungai Oya via IG @rizal_ananda11

Aktivitas Seru di Sungai Oya via IG @rizal_ananda11

1. Menyusuri Sungai Oya

Seperti yang sudah admin sebutkan di atas, salah satu aktivitas yang mesti kamu cobain ketika mengunjungi air terjun sri gethuk ini adalah menyusuri sungai oya dengan menggunakan rakit dari papan dan drum.

Penjelajahanmu akan terasa sangat seru karena kamu dapat manyaksikan tebing-tebing eksotis yang menjulang tinggi yang mengapit sungai. Tebing ini juga ada yang memancarkan air terjun kecil sehingga tampak sangat indah.

Air sungai oya ini terkenal sangat jernih dan tenang, terutama saat tidak sedang musim hujan. Kamu bisa melihat dasar sungai dengan jelas, saking jernih air sungainya.

Jadi kalau kamu mengunjungi air terjun ini cobalah sensasi menjelajah sungai oya dengan menggunakan rakit, pasti seru.

2. Sensasi Tracking

Buat kamu yang hobi menjelajah alam, maka kegiatan tracking bisa kamu lakukan untuk mencapai air terjun ini. Dimana kamu bisa melakukan tracking dari tempat parkir kendaraanmu.

Jarak yang kamu tempuh yakni sekitar setengah kilo meter dengan menjelajahi persawahan, melewati sungai kecil yang menjadi salah satu sumber air terjun, sepanjang perjalananmu akan dihiasi hijaunya pepohonan dan pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Sungguh panorama alam yang indah dan tidak akan kamu temui di daerah perkotaan. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen selama kamu tracking ya, karena kamu akan menemukan banyak spot instagramable.

3. Cliff Jumping

Lompat dari Tebing via Merdeka

Lompat dari Tebing via Merdeka

Buat kamu yang punya nyali, cobalah sensasi terjun dari atas tebing ke sungai oya. Kamu bisa menceburkan diri dengan cara melompat dari atas tebing di kawasan sungai oya dengan ketinggian tebing yang bervariasi.

Kalau kamu masih pemula coba yang agak rendah dulu ya. Nah, buat kamu yang sudah biasa, kamu bisa melompat dari tebing dengan ketinggian 3 sampai 5 meter.

Nantinya setelah kamu melompat dari tebing, kamu bisa naik lagi dengan bantuan tali yang sudah disediakan di tempat tersebut.

Aktivitas ini juga bisa dilakukan meskipun anda tidak bisa berenang lho, karena kamu bisa menggunakan pelampung, kalau kamu sudah mahir berenang tidak perlu lagi pakai pelampung, tinggal byur saja.

4. Body Rafting / River Tubing

River Tubing Sungai Oya

River Tubing Sungai Oya

Aktivitas seru di kawasan wisata air terjun sri gethuk berikutnya adalah river tubing atau body rarting. Aktivitas ini sangat seru sekali, apalagi kalau kamu lakukan dengan berombongan.

Aktivitas menghanyutkan tubuh dengan menggunakan pelampung ini sebaiknya kamu lakukan ketika hendak pulang, supaya satu arah dan tidak bolak-balik.

Bagaimana dengan perlengkapan pribadi?

Nah, untuk perlengkapan pribadi yang kamu bawa dari rumah bisa dititipkan di atas rakit atau kepada teman yang tidak ikut ‘hanyut’.

5. Canyoning

Canyoning via Papahjenggot.wordpresscom

Canyoning via Papahjenggot.wordpress.com

Aktivitas yang tidak kalah serunya untuk kamu cobain adalah kegiatan canyoning. Kegiatan ini membutuhkan nyali yang besar serta fisik yang prima.

Canyoning atau kegiatan turun dari atas tebing dengan menggunakan tali ini sangat diminati oleh para pecinta alam. Karena sensasi guyuran air terjun membuat adranalin terpacu hebat.

Jadi buat kamu yang ragu-ragu jangan coba-coba ya. Sebaiknya kamu memang sudah mempersiapkan diri baik itu mental dan fisik kamu, karena butuh tenaga untuk bisa sampai ke puncaknya.

Kalau kamu memiliki perlengkapan canyoning sendiri, kamu bisa membawanya dari rumah, kalau tidak mau repot kamu bisa menyewa dari pihak pengelola.

Aktivitas ini biasanya dilakukan ketika pengunjung sedang tidak terlalu ramai, agar pengunjung yang lain tidak merasa terganggu. Jadi, kalau kamu mau merasakan sensasi canyoning ini, sebaiknya kamu datang jangan pada saat musim liburan ya.

6. Mengunjungi Wisata di Sekitar

Goa Rancang Kencono via Alodiatour

Goa Rancang Kencono via Alodiatour

Setelah kita puas menjelajah dan basah-basahan di kawasan air terjun sri gethuk, tidak ada salahnya juga kalau kamu menjelajahi tempat lain yang masih dalam paket wisata yang sama yakni goa rancang kencono. Karena saat kamu membayar tiket masuk air terjun sri gethuk, itu sudah termasuk juga untuk mengunjungi Goa Rancang Kencono.

Goa yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu ini pernah dijadikan tempat untuk bersembunyi dan mengatur siasat perang oleh Laskar Mataram.

Di dalam goa ini terdapat ruangan yang cukup luas ada juga tumbuh pohon Klumpit yang sudah berusia ratusan tahun.

Selain mengunjungi goa yang eksotis ini kamu juga bisa mengunjungi ke Puncak Tri Panjung yang lokasinya berhadap-hadapan dengan Air Terjun Sri Gethuk.

Tempat ini menjadi populer karena pernah dijadikan tempat untuk syuting film hollywood yang berjudul Beyond Skyline.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Alam Goa Jomblang Gunung Kidul

7. Kulineran Tradisional dan Oleh-oleh

Setelah lelah seharian menikmati pesona air terjun dan melakukan berbagai aktivitas seru kini waktunya anda mengisi perut yang dari tadi keroncongan. Anda bisa menikmati wisata kuliner di beberapa warung yang menyediakan menu lokal yang lezat dan pastinya sangat murah.

Selain itu buat kamu yang ingin menikmati minuman penghangat tubuh tersedia beberapa menu wedangan seperti wedang jahe, kopi hangat, tah hangat. Selai itu beberapa jus buah – buahan segar juga tersedia disini.

Selain makanan tersebut kamu juga bisa mencoba aneka panganan tradisional khas Gunung Kidul seperti nasi tiwul yang bahan dasarnya terbuat dari gaplek atau singkong yang telah dikeringkan.

Nasi tiwul ini biasanya disajikan dengan urap-urap, ikan asin serta sambal. Menu khas lainnya adalah nasi merah yang disajikan bersama sayur tempe lombok ijo.

Untuk menikmati kuliner tradisional tersebut harga yang harus Anda bayar relatif murah, yaitu antara Rp.10.000 – Rp.15.000.

Selain panganan yang bisa kamu makan di lokasi, kamu juga bisa membawa oleh-oleh pulang. Di sekitar pintu masuk lokasi wisata banyak penjaja oleh-oleh.

Oleh-oleh yang cukup menarik dan anti mainstream yang bisa kamu bawa adalah belalang goreng. Kamu bisa membawa pula setoples belalang goreng berkisar antara Rp.25.000 – Rp.30.000.

Selain makanan, anda juga buah tangan berupa kaos, topi, gantungan kunci dan berbagai jenis kerajinan yang diberi tulisan “Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul”.

Tipa dan Saran

  • Sebelum melakukan perjalanan jauh pastikan anda mengisi perut terlebih dahulu apalagi saat anda ingin mengunjungi wisata air
  • Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan fit agar tidak mengganggu liburan kali ini
  • Saat berada di lokasi wisata pastikan anda menjaga sopan santun kepada warga sekitar dan pengunjung lain selain itu kondisinya yang sedikit mistis mengharuskan anda selalu menjaga sikap dan ucapan
  • Jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi, dalaman, handuk, serta baju ganti sebab anda berkunjung ke wisata air yang pasti membuat anda basah karena bermain air seharian
  • Untuk menuntaskan hobi fotografi kamu jangan lupa untuk membawa kamera yang berkualitas agar menghasilkan jepteran seperti hasil para profesional.

****

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai air terjun sri gethuk yang berada di Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta yang menyimpan sejuta pesona. Selain itu berbagai aktifitas air bisa kamu lakukan ditempat ini. selamat berkunjung dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

Oke Trans-22