48 total views, 3 views today

Kota yang satu ini merupakan salah satu destinasi tempat wisata di jawa timur yang cukup terkenal. Ada banyak sekali lokasi wisata yang pastinya cukup menarik. sebagai salah satu bagian tempat wisata di Indonesia, nama Kota Tulungagung mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang.Namun, kota yang satu ini merupakan salah satu kota yang cukup menarik untuk dijadikan lokasi wisata.

Berbagai macam jenis wisata dapat kita temukan di kota ini. setiap lokasi tersebut pastinya tak akan mengecewakan kalian. Meskipun mungkin belum terlalu banyak yang tertarik untuk mengunjungi kota ini.  Mungkin sebaiknya kalian mulai memikirkan untuk menjadikan kota yang satu ini sebagai salah satu destinasi yang menarik untuk liburan nanti.

Namun, kali ini kita tak akan membahas mengenai beberapa destinasi tempat wisata di Tulungagung yang bisa  kita kunjungi. Kita akan membahas mengenai beberapa wisata kuliner yang dimiliki tulungagung. Tentu saja kita akan membahas mengenai beberapa kuliner buka puasa di tulungagung yang dapat kita jadikan sebagai menu berbuka nanti. Ada beberapa jenis kuliner menarik dan terkenal di tulungagung yang selalu ramai diserbu saat bulan puasa tiba. beberapa kuliner tersebut adalah.

1. Sate dan Gulai Kambing

Sate dan Gulai KambingKuliner buka puasa di Tulungagung yang satu ini mungkin sudah sangat familiar dan sangat biasa bagi kalian. Apalagi kuliner yang satu ini merupakan salah satu ikon penting dalam dunia wisata kuliner di Madura. Namun, sate dan gulai kambing di tulungagung memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang dapat kalian temukan di madura. Menu makanan yang satu ini juga merupakan salah satu jenis menu makan yang cukup terkenal dan ering di buru oleh para saat berbuka.

Ketika bulan puasa, biasanya banyak penjual sate dan kambing yang membuka dagangan mereka sejak selepas adzan maghrib hingga larut malam. Jadi kalian tak perlu takut kehabisan jika ingin menyantap menu makan yang satu ini setelah sholat tarawih. Salah satu hal yang membuat sate dan gulai ini berbeda adalah pada bumbu yang digunakan dan juga cara pembakarannya.

Jika sate biasa mungkin hanya di kasih kecap saja ketika di bakar, maka sate tulungagung akan dicelupkan pada kuah gulai ketika di bakar. Hal tersebut yang membuat cita rasa satenya menjadi lebih gurih dan nikmat.

2. Ayam lodho

Ayam lodhoKetika sekilas kalian melihat menu makan yang satu ini mungkin akan terkecoh dan menganggapnya sama saja seperti masakan opor. Namun, kalian jangan salah mengira dulu, ketika kalian mencicipi menu yang satu ini maka rasanya dijamin berbeda sekali dengan cita rasa opor yang kita kenal. Menu makanan yang satu ini disebut sebagai ayam lodho, sebuah menu makannya yang dapat membuat kalian langsung jatuh cinta.

Menu yang satu ini memiliki bahan dasar utama adalah ayam, namun ayam yang digunakan berbeda dari ayam yang  lain. Perbedaaanya adalah ayam yang digunakan pada masakan ayam lodho akan di bakar terlebih dahulu. Sebelum dimasak dengan bumbu yang lain, maka ayam tersebut akan di bakar hingga matang. Ayam yang telah di bakar tersebut pasti akan memberikan sensasi tersendiri ketika kita mancicipinya.

Aroma dan rasa dari ayam bakar itulah yang membuat ayam lodho ini menjadi nikmat dan mempesona. Jika kalian tertarik untuk menikmati ayam lodho ini, maka ada banyak lokasi yang menjual ayam ini. Biasanya seporsi ayam lodho akan dimakan berasama lontong. Namun, jika lontong tidak akan nasi adalah penggatinya.

3. Sego Bantingan

Sego BantinganJika mendengar nama makan yang satu ini kalian jangan dulu berpikiran bahwa nasi ini akan di banting dulu sebelum di makan. Kuliner buka puasa di Tulungagung yang satu ini memang merupakan sebuah kuliner yang unik dan menarik. Sego bantingan atau nasi bantingan ini sendiri sebenarnya merupakan nasi rames biasa. Modelnya mungkin mirip sego kucing yang banyak kita temukan di angkringan tempat berbuka di jogja. Namun, memang porsinya saja yang lebih besar dengan lauk yang bisa diaktakan lebih banyak.

Harga dari sebungkus sego bantingan ini biasanya berkisar Rp 5,000 saja. Ketika bulan puasa dan waktu berbuka tiba, maka banyak sekali yang menjual menu yang satu di disetiap sudut kota. Makanya, jika kalian ingin menjadikan menu yang satu ini sebagai menu berbuka sebaiknya segeralah untuk berjalan-jalan mengelilingi kota.

4. Sompil

SompilMenu berbuka yang satu mungkin sangat pas bagi kalian yang tidak ingin terlalu kenyang ketika makan saat buka puasa. Jika kalian mencari makanan yang memiliki kondisi seperti itu, maka sompil adalah salah satu menu yang bisa diakatakan cukup layak untuk kalian pilih. Menu yang satu ini bisa diaktakan sangat amat sangat sederhana dan tidak terlalu banyak. diluar bulan puasa, biasanya sompil banyak sekali kita temukan di beberapa pasar tradisional yanga da di dalam kota.

Namun, ketika bulan puasa biasanya para penjual makanan ini akan membuka saat mendekati jam buka puasa. Sompil sendiri hanya terdiri dari irisan lontong yang kemudian akan dicampur dengan sayur rebung atau sayur tempe dan kacang. Selan itu bisanya menu yang satu ini akan ditambah dengan lotho dan juga urap-urapan pedes. Menu yang sangat sederhana dengan porsi yang tidak terlalu banyak, namun memiliki cita rasa yang bisa dikatakan cukup nikmat untuk berbuka.

5. Jenang Grendul

Jenang GrendulKuliner buka puasa di Tulungagung yang tak boleh kalian lewatkan adalah jenang grendul, ketika bulan puasa tiba, maka untuk mencari menu makan yang satu ini bukanlah sebauh hal yang susah. Kalian bisa mencari menu makanan yang satu ini di beberapa penjual menu takjil. Jenang grendul sendiri memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Bentukan dari jenang ini memang terlihat pekat, hal ini karena grendulnya atau bola-bola coklat yang ada di dalamya terbuat dari tepung tapioka.

Menu ini pastinya sangat pas untuk kalian jadikan berbuka nanti. Jenang grendul sendiri dapat dinikmati dalam keadaan dingin maupun  hangat. Salah satu yang membuat nikmat adalah dengan memakan jenang ini, kalian akan cukup untuk menahan lapar sampai sholat tarawih selesai.

Selain beberapa kuliner yang disebutkan di atas, masih ada beberapa kuliner lain seperti

  1. Kepiting Sambal Ijo
  2. Ayam Goreng Tulungagung
  3. Rujak Cingur
  4. Bakso Kikil
  5. Botok Jeroan
  6. Capar Tape
  7. Getuk Pisang
  8. Kue sagon

Itulah tadi beberapa kuliner buka puasa di Tulungagung yang bisa kalian jadikan menu berbuka nanti. Setiap kuliner itu pasti akan memberikan cita rasa tersendiri untuk kalian. Namun, soal kenikmatan sudah pasti dapat dijamin, menu-menu tersebut akan sangat nikmat. Semoga informasi tadi bermanfaat.

The post Kuliner Buka Puasa di Tulungagung appeared first on TempatWisataUnik.com.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *