Sel. Des 10th, 2019

OkeTrans22

Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan

Pantai Krakal Gunung Kidul

Pantai krakal, siapa yang tidak mengenal namanya? Salah satu pantai tertua di kota Jogja ini selalu dipadati pengunjung. Pengunjung yang datang bukan hanya dari dalam negeri saja, namun banyak sekali wisatawan mancanegara yang berseliweran di pantai ini. selain itu mereka senang sekali berjemur di pantai, menikmati hangatnya sinar mentari.

Pantai ini memang menjadi favorit para traveler. Buat anda yang hobi traveling belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi pantai krakal yang terdapat di kota Jogja. pantai ini bukan sembarang pantai, sebab Pantai yang memiliki sejuta pesona alam ini, memiliki banyak sekali kelebihan yang sayang jika dilewatkan.

Itulah mengapa meski sudah dibuka berpuluh – puluh tahun lamanya namun pantai ini masih tetap dikunjungi banyak wisatawan, itu menandakan bahwa pantai ini masih bisa menjaga eksistensinya di tengah maraknya destinasi wisata baru.

Selain keindahannya yang dimiliki, pantai ini semakin sempurna dengan berbagai macam fasilitas yang ramah untuk wisatawan. Selain itu banyak sekali tersedia spot – spot menarik yang sangat cocok buat kamu yang menyukai dunia fotografi, atau sekedar berselfie untuk menghasilkan jepretan yang keren sebagai pelengkap galeri liburanmu kali ini.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Pantai Baron Gunung Kidul

Buat kamu yang belum mengunjungi pantai krakal, segera jadwalkan perjalananmu bersama keluarga untuk menikmati keindahan alamnya dari dekat. Berwisata ke pantai krakal tidak akan merogoh kantong kamu terlalu dalam, sebab berwisata ke pantai ini menawarkan harga yang sangat murah. Tunggu apa lagi segera kunjungi pantai tertua di Jogja ini.

Keindahan Pantai Krakal via Shutterstock

Keindahan Pantai Krakal via Shutterstock

Sejarah Singkat Pantai Krakal

Pantai krakal sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Pantai ini memiliki cerita tersendiri bagaimana terbentuknya pantai yang dihasilkan dari proses alami yang terjadi selama bertahun – tahun.

Pantai krakal sebenarnya adalah kawasan dasar laut yang naik ke permukaan bumi. Namun kemunculan pantai ini bukanlah secara gaib atau mitos yang tidak masuk akal namun bisa dijelaskan secara ilmiah.

Kemunculan daratan yang kini dikenal sebagai pantai krakal ini terjadi akibat adanya peristiwa epirogenesa negatif, yang berarti pergerakan kerak bumi yang mengakibatkan naiknya lapisan bumi. Itulah sejarah terbentuknya pantai krakal secara singkat.

Lokasi Pantai Krakal

Pantai krakal adalah salah satu pantai yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Letaknya cukup jauh dari pusat kota Jogja.  meski berjarak cukup jauh dari perkotaan akses menuju lokasi pantai cukup mudah dilalui. Kamu akan menemukan jalan yang berkelok, menanjak, dan menurun namun dengan jalan yang lebar dan sangat nyaman dilalui.

Penasaran dimana lokasi tepatnya pantai krakal ini berada? Pantai ini berlokasi di Desa Ngestirejo, Kecamatan tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55000, Indonesia.

Pantai Krakal Gunung Kidul

Pantai Krakal Gunung Kidul

Rute Menuju Pantai Krakal

Setelah melihat lokasi pantai secara pasti kamu bisa segera mengunjungi pantai ini. Melalui rute yang sangat mudah.  Beberapa pilihan jalan bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih jalan melalui Wonosari dengan jarak yang cukup dekat yaitu sekitar 21 km saja, lalu rute selanjutnya bisa melewati solo dan sukoharjo.

Bukan hanya ketiga rute tersebut saja, ada rute lain yang bisa anda lalui, yaitu buat kamu yang memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, lalu ambil arah menuju Piyungan kemudian ikuti jalan utama dan kemudian mengarah ke jalan Pathuk

Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Bundaran Tugu BPD, lalu arahkan laju kendaraan anda menuju jalan Pantai Baron, dan ikuti saja jalan utama hingga kamu menemukan lokasi pantai krakal ini.

Di sepanjang perjalanan mata kamu akan disuguhkan pemandangan indah, dimana terdapat pantai lain yang tidak kalah indahnya bersama dengan batu karang yang berdiri kokoh.

Pada perjalanan kali ini cukup seru dan menenang dimana saat kamu melalui jalanan perbukitan yang tidak biasa yaitu sebuah bukit kapur yang putih bersih dan terlihat sangat indah. Jadi kamu harus mempersiapkan mesin kendaraan agar bisa melalui rute perjalanan yang didominasi tanjakan dan berkelok ini.

Jembatan Krakal Beach

Jembatan Krakal Beach

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Buat kamu yang mengunjungi pantai krakal tidak perlu takut mengeluarkan banyak biaya sebab tiket masuk ke pantai ini sangat bersahabat, sehingga sangat cocok buat kamu yang minim dana. Tiket masuk menuju pantai yang menyuguhkan keindahan alam yang cantik ini hanya dibandrol dengan harga Rp. 10.000 per orang.

Dimana lagi kamu bisa menikmati liburan seru dengan uang 10 ribu rupiah kalau bukan di pantai krakal. Jadi tidak perlu pikir panjang lagi, ajak anak dan keluargamu menikmati keindahan pasir putih yang mementang di sepanjang pantai krakal.

Namun buat kamu yang mengendarai motor atau mobil harus menitipkan kendaraan tersebut di sebuah lahan parkir yang dibangun cukup luas. Terlihat lahan parkir ini mampu menampung puluhan motor dan mobil, bahkan saking luasnya bus sekelas bus pariwisata bisa parkir ditempat ini.

Tiket parkirnya juga tidak terlalu mahal, hampir sama dengan harga tiket parkir pada umumnya. Untuk kendaraan roda dua atau motor cukup membayar Rp. 2000 saja, lalu untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar Rp. 5000, sedangkan bus harus membayar tiket parkir sebesar Rp. 20.000.

Jika informasi mengenai harga tiket masuk dan tiket parkir sudah kita dapatkan lalu informasi lain yang tidak kalah pentingnya adalah jam operasionalnya, jangan sampai kamu bisa menunggu di luar terlalu lama karena area pantai belum dibuka untuk umum.

Kamu bisa datang pada pukul 8 pagi sebab jam operasional dimulai pada pukul tersebut. namun buat kamu yang ingin bermalam ditempat ini dengan mengikuti acara camping di pinggir pantai di perbolehkan.

Fasilitas Pendukung di Pantai Krakal

Pantai ini telah puluhan tahun di buka untuk umum, sebab pantai ini termasuk ke dalam pantai klasik Jogja. dari zaman dahulu sampai ke zaman milenial pantai ini masih mampu menjaga eksistensinya di dunia pariwisata.

Salah satu penyebab pantai ini mampu bertahan dan tidak tergerus oleh zaman adalah pembangunan fasilitas pendukung yang terus di lakukan. Renovasi – demi renovasi teru dilakukan untuk menarik minat pengunjung.

Fasilitas pendukung juga dibangun untuk memberikan rasa nyaman kepada pengujung yang datang. Itulah mengapa fasilitas di tempat ini sudah sangat lengkap, mulai dari area parkir yang cukup luas dan terjamin keamanannya mampu menampung puluhan hingga ratusan kendaraan pribadi, belum lagi beberapa tempat sampah disediakan untuk pengunjung yang ingin membuang sampah agar kebersihan dan keindahan pantai tetap terjaga.

Selain itu beberapa fasilitas pendukung lainnya juga tersedia seperti toilet umum serta kamar bilas yang memang sangat penting buat pengunjung yang ingin membersihkan tubuhnya setelah bermain air dan pasir sepuasnya, mushola tempat pengunjung yang beragama islam juga disediakan oleh petugas.

Selain itu beberapa tempat beristirahat setelah pengunjung lelah bermain air dan berkeliling di pantai ini seperti beberapa kursi panjang, kursi santai, kursi berjemur, serta beberapa buah gazebo yang disewakan dengan harga Rp. 10 – 20 ribu rupiah.

Gazebo di Pantai Krakal

Gazebo di Pantai Krakal

Buat kamu yang enggan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah disediakan pula warung makan yang menyediakan berbagai menu hidangan laut yang lezat dan menggugah selera.

Ciri Khas Pantai Krakal

Naiknya lapisan bumi dan proses alam yang terjadi selama puluhan tahun itu bukan hanya menghasilkan garis pantai yang mempesona namun juga menciptakan berbagai bentang alam lainnya yang tidak kalah menawan. Salah satu pesona alam yang ikut terus berkembang menjadi sesuatu yang menakjubkan adalah terdapat dua buah batu karang berukuran besar.

Kedua batu karang tersebut kini menjadi salah satu icon dan ciri khusus pantai krakal. Terlihat pasir putih yang cantik dilengkapi dengan dua buah batu karang berwarna hitam yang mempesona. Selain menjadi salah satu daya tarik tempat ini, kedua batu karang berukuran raksasa ini menjadi pembatas antara pantai krakal dan pantai lain yang tidak kalah indahnya.

Buat kamu pecinta petualangan dan olahraga menantang bisa mencoba menaklukkan tingginya batu karang. Kamu bisa mencoba kegiatan panjat tebing untuk bisa sampai ke puncak karang.  Namun buat kamu yang tetap ingin naik namun tidak ingin melakukan kegiatan panjat tebing bisa mengikuti jalan setapak yang telah tersedia.

Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dari atas ketinggian, dengan melihat permukaan karang yang sangat subur, banyak sekali jenis tumbuhan hijau yang tumbuh di antara batu karang dan sangat cocok dijadikan spot berfoto. Selain itu menikmati keindahan sunset dari ketinggian adalah momen yang sangat indah dan jarang terjadi.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Pantai Drini Gunung Kidul

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Saat mengunjungi pantai krakal ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa kamu lakukan bersama anggota keluarga. Maka dari itu siapkan banyak waktu luang untuk menjelajah berbagai spot menarik di sini. Berikut diantaranya:

1. Berjemur dan Berenang

Santuy di Pantai Krakal via Ig @tinieazzah

Santuy di Pantai Krakal via Ig @tinieazzah

Ketika mengujungi sebuah pantai salah satu kegiatan wajib yang tidak boleh terlewatkan adalah berjemur dan berenang. Kamu bisa berjemur di kursi – kursi yang di beri payung besar warna warni yang disediakan petugas pantai.

Kamu bisa berjemur sambil mengawasi anak – anak bermain pasir di bibir pantai yang memiliki luas sekitar 4 hektar. Ada banyak pula pengunjung yang terlihat bermain voli dan membuat istana pasir selain itu terlihat beberapa orang yang berlari kecil berusaha menerbangkan layang – layang mereka. Sungguh kegiatan yang sangat seru.

2. Melakukan Surfing dan Snorkeling

Snorkeling di Krakal Beach via Ig @sutiko_

Snorkeling di Krakal Beach via Ig @sutiko_

Mengunjungi pantai krakal di Yogyakarta yang menyuguhkan keindahan alam  memukau, dengan pasir putih yang indah sangat kontras dengan batu karang berwarna hitam berukuran raksasa.

Selain itu lautnya yang cantik membiru dan terbentang luas seolah tanpa batas bisa kita manfaatkan untuk berkegiatan air seperti snorkeling dan surfing.

Ombaknya yang cukup tinggi memang seru untuk berselancar air atau surfing. Jadi buat kamu yang hobi menaklukkan tingginya gulungan ombak menggunakan papan selancar memang cocok mengunjungi pantai krakal.

Kegiatan air lainnya bisa juga kamu lakukan dengan berwisata bawah air. Kamu bisa mengamati keindahan bawah laut secara nyata dengan melakukan kegiatan snorkeling.

Indahnya terumbu karang dan ikan – ikan hias bawah laut terlihat sangat mengagumkan seperti surga bawah laut yang sempurna. Memang laut di negeri kita ini memiliki pesona bawah laut yang luar biasa. Kita memang kaya akan biota bawah laut.

Tidak heran jika banyak sekali turis asing yang datang ke Indonesia. Kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dan surfing dengan harga Rp. 50.000 saja.

3. Menyaksikan Sunset dari Puncak Karang

Menyaksikan Sunset di Krakal Beach via IG @jr_tm27

Menyaksikan Sunset di Krakal Beach via IG @jr_tm27

Kegiatan lain yang tidak kalah seru dan mengasyikkan adalah menikmati indahnya sunset dari puncak karang. Tempat ini menjadi tempat yang paling tepat untuk menikmati keindahan langit senja, dimana mentari mulai menutup sinarnya dengan langit yang berubah menjadi jingga keemasan, sungguh pemandangan yang tidak biasa.

Suasana akan semakin romantis ketika kamu menikmati langit senja bersama pasangan. Setelah malam tiba bukan berarti keindahan pantai cukup sampai disini. Justru saat malam hari akan banyak penjual jagung bakar yang membuka lapak ditempat ini.

Ada beberapa tikar yang disediakan buat pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati hangatnya jagung bakar di malam hari. Kamu juga bisa bermain gitar sembari bernyanyi di pinggir pantai.

Jangan lewatkan juga: Wisata Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

4. Camping

Setelah malam tiba dan kamu masih ingin menikmati suasana di pantai krakal ini sebaiknya mulai membangun tenda camping. Memang di area pantai diperbolehkan mendirikan tenda dan menghabiskan malam di lokasi ini.

ketika camping ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa kamu lakukan, seperti membuat api unggun sambil manggang ikan. Selain itu mulai melantunkan lagu – lagu merdu untuk mengiringi malam ini.

5. Wisata kuliner

Kulineran di Krakal Beach

Kulineran di Krakal Beach

Jangan lupa untuk menikmati beberapa hidangan makanan laut yang tersedia di beberapa warung makan pinggir pantai. Apalagi olahan seafoodnya yang menggugah selera sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu olahan ikannya juga tidak kalah lezat. Kamu bisa mengisi perutmu yang keroncongan setelah puas bermain air dan pasir di pantai ini.

Kualitas bahan mentah disini juga sangat dijaga, para pedagang membeli langsung dari nelayan ikan dan bahan lainnya. Sehingga masih sangat fresh, membuat makanannya pun sangat berkualitas. Untuk harga yang ditawarkan pada nsetiap hidangan juga sangat terangkau.

Penginapan di Sekitar Pantai

Penginapan di Krakal Beach via IG @adreas_agung_bawono

Penginapan di Krakal Beach via IG @adreas_agung_bawono

Buat kamu yang ingin menginap di pantai ini tersedia pula beberapa penginapan sederhana. Penginapan ditempat ini berkonsep home stay yang sangat unik dan nyaman. Untuk harga per-kamar dibaderol dengan harga rata – rata Rp. 150.000 saja. namun untuk kamu yang ingin menginap di hotel yang mewah juga bisa dengan  membayar sekitar 500 ribu rupiah per malam.

****

Pantai krakal di Jogja yang termasuk pantai klasik ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan orang terdekat. Ada banyak sekali pesona alam yang bisa kamu nikmati selain itu berbagai kegiatan seru juga bisa kamu lakukan. Tunggu apa lagi segera kunjungi pantai ini dan nikmati pesonanya secara nyata. Selamat berlibur.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Pantai Sundak Gunung Kidul

Oke Trans-22