Sel. Des 10th, 2019

OkeTrans22

Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan

Seluk-beluk Dan Cara Berhenti Donasi Unicef

3 min read

Seluk-beluk UNICEF Indonesia dan Perihal Donasi

Selama lebih-kurang 6 dekade, UNICEF Indonesia telah mendedikasikan diri untuk memberikan bantuan kepada seluruh anak di negara kepulauan ini. Baik pemerintah maupun masyarakat telah memberikan sumbangsih mereka untuk membantu UNICEF Indonesia dalam perannya sebagai organisasi yang menitikberatkan pada pemberian perhatian khusus terhadap berbagai aspek kehidupan anak-anak Indonesia. Fokus UNICEF Indonesia adalah memastikan bahwa seluruh anak di negara ini mendapatkan perhatian yang layak dan semestinya.

Sekilas Mengenai UNICEF Indonesia

UNICEF (United Nations Children’s Fund) Indonesia berdiri pada tahun 1948. Pendirian UNICEF Indonesia ini sejalan dengan tujuan pendirian United Nations International Children’s Emergency Fund, yaitu nama awal bagi organisasi yang kemudian dikenal sebagai UNICEF. Majelis Umum PBB merumuskan landasan kerja UNICEF pada 11 Desember 1946 yang berfokus kepada pemberian bantuan makanan dan kesehatan untuk anak-anak yang ada di negara yang terdampak Perang Dunia II. Di awal pendiriannya, UNICEF Indonesia mula-mula berfokus pada pencegahan kelaparan di Pulau Lombok di tahun 1948. Perjanjian kerjasama resmi antara UNICEF dan Republik Indonesia terjadi pada tahun 1949 dengan agenda kerja berupa pembangunan dapur susu di Yogyakarta, yang dulunya adalah pusat pemerintahan. Bantuan teknis baik dari UNICEF maupun organisasi PBB lain diberikan di tahun 1969, bertepatan dengan pencanangan REPELITA pertama. Informasi tentang UNICEF Indonesia dapat ditemukan dengan lebih lengkap dan menyeluruh pada situs resmi organisasi tersebut.

Agenda Kerja UNICEF Indonesia

Informasi tentang apa yang dilakukan oleh UNICEF Indonesia dapat ditelaah melalui laporan tahunan yang disediakan oleh organisasi untuk diakses secara luas bagi seluruh lapisan masyarakat. Pihak-pihak yang memerlukan informasi spesifik seperti ini bisa mengunduh laporan tersebut langsung dari situs organisasi. Hal ini tentu memudahkan berbagai kalangan yang membutuhkan transparansi mengenai agenda kerja dan target apa saja yang telah tercapai sehingga pihak yang dimaksud bisa memantau ke mana alur donasi yang telah diberikan kepada UNICEF Indonesia. Informasi terkait tersedia dalam 2 versi: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; ini tentunya bisa mengakomodasi lebih banyak pihak dalam memahami kegiatan organisasi.

UNICEF Indonesia dan Donasi

Donasi adalah sumber utama yang diandalkan oleh UNICEF Indonesia dalam melangsungkan kegiatan dan agendanya. Agar dapat memastikan bahwa seluruh anak Indonesia tidak ada yang tertinggal dalam berbagai hal, organisasi memerlukan sumbangan yang terkumpul dari donasi yang diberikan oleh berbagai pihak, baik itu pemerintah sendiri, pihak-pihak swasta, maupun kalangan masyarakat umum. Bagaimana Donasi Online di UNICEF Indonesia? Donasi untuk UNICEF Indonesia dapat dilakukan dengan mengakses situs resmi organisasi baik melalui perangkat komputer maupun gawai lain seperti smartphone. Donasi daring ini tentunya mempermudah berbagai pihak dalam menyelesaikan transaksi. Pada situs terkait terdapat sebuah menu khusus untuk para donatur dan pihak yang berniat memberikan donasi. Di dalam menu ini tersedia pilihan tipe dan cara donasi. Calon donatur kemudian akan diminta untuk memberikan infomasi identitas secara lengkap untuk kemudian bisa memberikan donasinya. Donasi langsung dapat dikirimkan melalui rekening bank resmi milik organisasi yang juga bisa didapatkan dari situs resminya.

Berhenti Memberikan Donasi

Donasi untuk UNICEF Indonesia bersifat tidak terikat dan donatur bebas membatalkan status donaturnya setiap saat terlepas dari apa alasannya. Bagaimana menghubungi UNICEF Indonesia terkait dengan donasi? Layanan donatur bisa dihubungi pada jam kerja setiap hari Senin hingga Jumat jam 09.00 – 17.00 dengan nomor telepon (021) 8066 2100. Alternatif lain adalah dengan mengirimkan surel ke ids.donorlove@unicef.org.