Sel. Des 10th, 2019

OkeTrans22

Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan

Jurang Tembelan Kanigoro via Unycommunity

Jurang Tembelan – Melihat destinasi populer di Kab Bantul yang yang instagramable dan wajib kamu kunjungi. Ya kali ini kita akan melihat betapa indah dan cantiknya spot foto berbentuk perahu di kota Jogja. Meskipun wilayahnya tidak begitu besar, namun Kab Bantul memiliki puluhan destinasi wisata alam. Belum lagi setiap tahunnya terus bermunculan tempat wisata baru yang tidak kalah keren.

Hal ini membuat kab Bantul semakin dikenal hingga ke penjuru negeri. Setiap tahunnya kab Bantul mampu menyumbang sejumlah dana dari segi pariwisata kepada pemerintah. Selain itu sektor pariwisata kab Bantul juga turut membantu mendongkrak perekonomian warganya. Banyak sekali warga di sekitarnya yang kini menggantungkan hidup di beberapa tempat wisata ini.

Setiap tahunnya jumlah pengunjung ke Bantul ini semakin meningkat, bukan hanya berasal dari dalam negeri saja namun banyak juga turis asing yang merasa penasaran dengan keindahan negeri kita ini. salah satu destinasi alam yang sedang banyak dicari adalah jurang tembelan. Sebuah tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan.

Jurang tembelan memang menjadi tempat yang paling cocok untuk menikmati keindahan sunset dan sunrise dari ketinggian. Dilihat dari namanya pastilah kamu sudah bisa menebak bagaimana kondisi jurang tembelan ini.

Ya destinasi yang terdapat di ketinggian ini sungguh indah. Meski termasuk destinasi wisata alam terbaru namun sudah bisa langsung bersaing dengan para pendahulunya seperti Taman Buah Mangunan, Gardu Pandang Mangunan, Hutan Pinus Mangunan dan sederet tempat wisata senior lainnya. Buat kamu yang penasaran langsung saja kita simak ulasan berikut:

Jurang Tembelan Dlingo

Jurang Tembelan Dlingo

Lokasi Destinasi Wisata Jurang Tembelan Jogja

Jurang tembelan berada di kawasan wisata Mangunan yang letaknya tidak begitu jauh dari Kebun Buah Mangunan.  Berada di selatan Jogja  dan berjarak hanya sekitar 22 kilometer dari pusat Kota Jogja dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam pada kondisi jalan yang normal.

Dengan akses jalan yang sudah sangat layak namun didominasi dengan tikungan dan tanjakan sebab lokasinya berada di perbukitan atau dataran tinggi.

Untuk yang penasaran dimana lokasinya kami akan memberikan infonya untuk anda. Jurang tembelan berada di ketinggian Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, kec. Dlingo, Kab. Bantul, Daerah Istimewa yogyakarta. Untuk melihat lokasinya dengan jelas kamu bisa mencoba search lokasi melalui google.

Rute Menuju Lokasi

Setelah melihat dimana lokasi jurang tembelan ini, ada pertanyaan yang perlu dijawab selanjutnya yaitu bagaimana kondisi jalanan menuju lokasi. Kondisinya sangat layak dengan rute yang sangat mudah dilalui dan di jangkau. Buat kamu yang bingung dengan rute lokasinya bisa menggunakan peta lokasi yang bisa kamu search di google maps.

Atau kamu juga bisa mengikuti petunjuk jalan yang terpasang di sepanjang jalan menuju lokasi sambil sesekali bertanya kepada penduduk sekitar.

Namun buat kamu yang semakin penasaran bisa langsung melihat ulasan kami berikut ini. perjalanan akan kita mulai dari pusat kota Jogja, kemudian ambil arah menuju Timur ke arah jalan Pangurakan, lalu lanjutkan mengambil arah menu selatan ke arah jalan Brigjen Katamso.

Kemudian jalan lurus terus sampai kamu menemukan perempatan lalu ambil arah menuju timur ke Jalan Kolonel Sugiyono, lalu jalan lurus terus sampai kamu menemukan pertigaan dan ambil arah ke selatan menuju jalan Sisingamangaraja, lalu jalan lurus terus hingga sampai di jalan Imogiri Barat.

Lalu jalan terus sampai menemukan pertigaan ambil arah ke timur menuju jalan Bakulan Imogiri, lalu lurus terus sampai melewati jalan Makam Raja, kemudian kamu akan menemukan pertigaan kembali dan ambil arah menuju jalan Imogiri – Dlingo.

Lalu jalan lurus terus sampai di perempatan kebun Buah Mangunan lalu ambil arah menuju selatan dan ikuti jalan utama tersebut hingga kamu menemukan papan nama bertuliskan Jurang Tembelan.

Spot Foto Jurang Tembelan Bantul

Spot Foto Jurang Tembelan Bantul

Harga Tiket Masuk Jurang Tembelan Jogja

Kamu tidak perlu takut menghabiskan banyak uang saat mengunjungi destinasi teranyar di Jogja ini karena memang untuk kategori destinasi wisata alam Jogja menawarkan harga yang sangat murah, sangat berbeda dengan tempat wisata buatan.

Bahkan untuk masuk ke jurang tembelan kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Meski gratisan tapi jangan pernah ragu dengan keindahannya di dalamnya, dijamin kamu betah berlama – lama di tempat ini.

Namun ketika kamu menikmati spot foto yang berupa perahu berikan sumbangan seikhlasnya yang nanti akan digunakan untuk biaya perawatan lokasi ini.

Nah bagaimana dengan tiket parkirnya apakah gratis juga? Tentu saja tidak sebab kamu perlu membayar jasa para petugas parkir yang berasal dari pemuda sekitar lokasi wisata. Memang mereka yang peduli dengan alam turut membantu mengembangkan dan mengelola jurang tembelan ini karena belum ada campur tangan dari dinas pariwisata setempat.

Buat kamu yang membawa kendaraan roda dua atau motor bisa membayar tiket parkir sebesar Rp. 2000 saja, sedangkan untuk kendaraan roda empat bisa membayar sebesar Rp. 5000, untuk minibus bisa membayar Rp. 10000, dan yang terakhir adalah tiket parkir untuk bus pariwisata yang dibandrol dengan harga Rp. 20.000.

Jam Operasional Jurang Tembelan

Destinasi wisata alam jurang tembelan yang bisa dikatakan sebagai destinasi wisata negeri atas awan ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dan sayang jika dilewatkan ketika kamu sudah datang dari jauh ke kota Jogja. Buat kamu yang sudah memiliki rencana untuk berkunjung bisa datang kapan saja, sebab destinasi wisata ini dibuka 24 jam untuk umum tanpa hari libur juga.

Fasilitas Wisata

Meski jurang tembelan merupakan salah satu destinasi alam baru dan masih dikelola secara swadaya oleh warga sekitar dan beberapa orang yang peduli dengan kondisi alam Indonesia namun dalam segi fasilitas tambahan sudah cukup memadai dan bisa membuat pengunjung merasa nyaman.

Selain itu perawatan dan pengembangan juga terus dilakukan sebagai upaya untuk bisa menarik lebih banyak pengunjung lagi. Berikut beberapa fasilitas pendukung di jurang tembelan, diantaranya:

  • Lahan parkir : terlihat lahan parkir yang cukup luas dan terjaga keamanannya disediakan buat pengunjung yang datang membawa kendaraan pribadi seperti motor dan mobil
  • Tempat sampah : diletakkan di beberapa sudut buat pengunjung yang ingin membuang sampah agar kebersihan dan keindahan lokasi wisata ini tetap terjaga
  • Kamar mandi atau toilet umum : terlihat cukup bersih dan wangi sebab toilet umum disini dilengkapi dengan petugas kebersihan dan kamu yang menggunakannya silahkan membayar biaya kebersihan Rp. 2000 saja
  • Tempat istirahat : buat pengunjung yang lelah setelah berkeliling lokasi atau lelah setelah melakukan perjalanan jauh
  • Mushola juga disediakan buat pengunjung muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat
  • Warung makan yang dikelola oleh warga sekitar sebagai tambahan penghasilan bisa kamu kunjungi untuk mengisi perut yang lapar dengan banyak sekali jenis menu lokal yang pastinya lezat
  • Area camping juga ada lho jadi kamu bisa merasakan keindahan malam di jurang tembelan ini sambil mengadakan acara api unggun bersama teman dan sahabat
  • Gardu pandang bisa digunakan untuk menikmati keindahan alam secara nyata sambil berselfie ria
  • Gazebo bisa kamu pakai untuk beristirahat sejenak dan menikmati bekal makanan yang kamu bawa sambil menikmati hijaunya alam disekitar kita
  • Spot foto yang instagramable banget juga ada di sini salah satu yang paling popular adalah spot perahu.

4 Tips Mengunjungi Perahu Awan

Perahu Bambu via IG @mohdfaridmohdghazali

Perahu Bambu via IG @mohdfaridmohdghazali

Berikut ini 4 tips mengunjungi destinasi wisata ini agar liburanmu semakin berkesan:

1. Berangkat pagi

Saat berkunjung sebaiknya kamu berangkat pagi, usahakan sampai di jurang tembelan pada pukul 05.15 WIB apalagi pada musim hujan antara bulan Februari – Mei membuat langit terang lebih cepat yaitu pada pukul 05.15 WIB.

Hal ini bertujuan untuk menyaksikan sunrise yang dipenuhi dengan kabut asap yang membuat kamu seolah berada di negeri atas awan. Jika kesiangan kabut asap semakin hilang dan matahari semakin panas dimana semua kabut asap yang berada di dasar lembah perlahan akan naik membuat keindahan tempat ini semakin berkurang.

2 Datang pada Weekdays

Saking populernya tempat ini  selalu ramai dikunjungi apalagi pada saat weekend serta hari libur nasional lainnya. Dengan begitu buat kamu yang ingin berfoto di beberapa spot foto harus rela antri panjang dan tidak boleh terlalu lama berada di tempat itu karena harus bergantian dengan pengunjung lainnya.

Nah solusi untuk itu semua kamu harus datang pada saat weekdays dimana jumlah pengunjung terbilang normal jadi buat kamu yang ingin berfoto dan sedikit bersantai di spot perahu bisa menikmati sepuasnya.

3. Perhatikan Kondisi Cuaca

Sebelum berkunjung sebaiknya kamu memperhatikan kondisi cuaca sekitar. terutama pada musim hujan sebaiknya memang kamu datang pada musim hujan namun di hari yang cerah sebab kabut pagi di jurang akan terlihat semakin menarik jika setelah hujan reda.

4. Berdoa Sebelum Berangkat

Jika kamu sudah melihat ketiga tips diatas kini kamu siap berangkat dan memulai perjalanan liburanmu, namun sebelum berangkat pastikan kamu berdoa untuk keselamatan kamu dan seluruh anggota yang ikut. Selain itu kamu juga perlu berdoa agar cuaca hari ini tetap dalam kondisi normal jangan sampai turun hujan.

Wisata terkait: Wisata Alam Kekinian Watu Amben Bantul

Pesona Jurang Tembelan Jogja

Kesuksesan kota Yogyakarta dalam mengembangkan pariwisatanya memang perlu kita acungi jempol. Kota ini bisa menyumbangkan banyak sekali dana dari sektor pariwisatanya saja.

Salah satu destinasi baru yang cukup mendulang kesuksesannya bahkan di awal – awal kemunculannya adalah jurang tembelan. Berwisata alam sambil menikmati keindahan sekitar yang seperti berada di negeri atas awan membuat pengunjung semakin penasaran.

Belum lagi spot foto yang instagramablenya menambah daya tarik tempat ini, sebab memang banyak sekali warganet yang mengincar spot –spot foto untuk kemudian mengambil jepretan yang ok punya lalu menguploadnya di berbagai media sosial yang mereka miliki seperti facebook dan instagram.

Selain itu banyak juga yang mengincar keindahan sunset dan sunrisenya untuk dijadikan sebuah foto yang keren dan unik.

Spot Menikmati Sunset via IG @Ihsanudn

Spot Menikmati Sunset via IG @Ihsanudn

Berkunjung ke jurang tembelan juga memberikan pengalaman yang berbeda dimana pengunjung akan menyaksikan deretan pegunungan sewu dengan aliran sungai Oyo yang mempesona jika dilihat dari ketinggian dan kejauhan.

Berwisata alam di kawasan ini juga sangat sangat menyegarkan dengan hamparan pepohonan hijau dan semak belukar yang sangat merelaksasi dan mempesona dengan kealamiannya yang sangat menyegarkan pikiran.

Mengunjungi tempat ini tidak akan membuat kamu kecewa, karena memang pesonanya sungguh luar biasa. Bahkan kamu seolah tengah berada di puncak Mangunan yang memang lokasinya berdekatan jadi suasananya juga hampir sama.

Tidak hanya sampai disitu saja kamu masih bisa melihat keindahan lainnya yaitu sebuah lokasi spot foto perahu raksasa yang diletakkan di ujung jurang  membuat kamu seolah berlayar di udara dengan pemandangan di dasar lebahnya yang sangat menakjubkan, terlihat kabut asap menutupi lembah seperti kita tengah berada di kayangan.

Selain itu masih banyak lagi spot foto dengan beragam bentuk seperti spot foto berbentuk pesawat terbang yang diletakkan di tepian tebing membuat kamu seolah sedang terbang.

Mengambil foto dari tempat ini juga akan menghasilkan jepretan yang cantik. Spot foto lain yang tidak boleh kamu lewati adalah spot foto yang berbentuk seperti kupu – kupu raksasa.

Jurang Tembelan Kanigoro via Unycommunity

Jurang Tembelan Kanigoro via Unycommunity

Selain itu kamu juga bisa menikmati berfoto dari gardu pandang yang terletak di puncak bukit. Terlihat dari sini keindahan alam disekitar yang begitu nyata. Selain itu kamu juga bisa beristirahat sejenak ditempat ini sambil mengamati alam sekitar yang masih sangat alami dan belum tercemar sama sekali.

Buat kamu yang ingin menikmati sederet spot foto yang instagramable itu kamu cukup memberikan sumbangan seikhlasnya. Tidak cukup sampai disitu saja pengunjung yang datang masih bisa menikmati keindahan lain yaitu sunrise dan sunsetnya kota Jogja dari ketinggian bahkan bisa dinikmati dari tepi jurang. Sungguh tempat yang sempurna untuk melihat keelokan sunset nan romantis.

Untuk menyempurnakan liburanmu silahkan melakukan kegiatan berkemah di lokasi camping ground yang tersedia di tempat ini. kamu bisa mengadakan acara api unggun sambil bakar ikan dan bernyanyi sepuas hati dengan diiringi petikan gitar yang merdu.

Selain itu api unggun juga dimanfaatkan sebagai penghangat karena memang udara di ketinggian jurang tembelan ini sangat dingin. Maka dari itu kamu harus menggunakan baju hangat atau jaket terutama pada malam hari.

Wisata Kuliner

Buat kamu yang merasa lapar dan haus namun tidak membawa bekal makanan sendiri bisa langsung mengunjungi warung – warung makan yang menyediakan menu lokal yang nikmat, seperti nasi kucing, tempe goreng, tempe bacem, rawon, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang ingin menghangatkan tubuh dengan wedang jahe atau kopi panas juga bisa memesan di tempat ini. selain itu ada juga beberapa minuman botol serta jus buah segar.

Wisata Lain Di Sekitar Jurang Tembelan

Ingin memanfaatkan waktu liburmu sebaik mungkin kamu bisa mengunjungi juga wisata alam di sekitar kawasan Mangunan lainnya. Berikut beberapa tempat wisata di sekitar jurang tembelan:

***

Itu tadi sederet keindahan yang bisa kamu nikmati di jurang tembelan yang berlokasi di kota Jogja. Buat kamu yang belum berkunjung ayo segera taklukkan ketinggian dan kealamiannya secara nyata. Selamat berkunjung dan terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Wisata Balong Waterpark Bantul

Oke Trans-22