Ming. Des 8th, 2019

OkeTrans22

Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan

Keindahan Jogja dari ketinggian via IG @ipan_kebo

Watu Amben-Kali ini kita masih akan membahas keindahan alam yang berada di Yogyakarta. Memang kota yang satu ini jika dibahas tidak akan ada habisnya. Kota tujuan wisata yang satu ini memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang mempesona, tidak heran jika kota Jogja mendapat julukan sebagai surganya para wisatawan.

Bukan hanya wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara juga sangat betah berlama – lama di kota ini. kamu jangan heran ketika berkunjung ke kota Jogja banyak sekali terlihat turis – turis asing yang berseliweran. Bahkan banyak dari para turis tersebut sudah menetap selama berbulan – bulan untuk menikmati pesona kota di pulau jawa ini.

Selain kota Bali, salah satu kota yang ramai dikunjungi turis asing adalah kota Jogja. Mereka datang dari berbagai penjuru dunia dan dengan alasan yang beragam.  Apapun alasan mereka menetap dalam jangka waktu yang lama di Indonesia pasti karena mereka menyukai Negara kita ini. nah sudah seharusnya pula kita ikut bangga dan ikut melestarikan budaya negeri kita ini.

Salah satu tempat wisata di Jogja yang tengah populer di kalangan traveler lokal dan asing adalah wisata Watu Amben. Wisata ala mini terletak di sebelah selatan kota Jogja, tepatnya berada Kabupaten Bantul, atau berada tidak jauh dari Bukit Bintang yang berada di Gunung Kidul.

Nama watu amben sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti tempat tidur yang terbuat dari batu. Masih banyak lagi keseruan yang bisa kamu rasakan di tempat ini. tunggu apalagi ayo segera nikmati pesona secara nyata bersama keluarga dan teman terdekat.

Melihat Lokasi Wisata Alam Watu Amben Jogja

Spot Foto via IG @ryannroll7

Spot Foto via IG @ryannroll7

Jika kamu pernah mengunjungi Kabupaten Gunung Kidul berarti kamu sudah sangat dekat dengan lokasi wisata watu amben ini. Sebab letaknya tidak begitu jauh dari Bukit Bintang. Atau tepatnya berada di sebelah selatan Kota Jogja yang memang memiliki deretan wisata alam yang keren dan sudah mendunia, tidak heran jika lokasi wisata alam watu amben sangat mudah ditemukan dan dengan akses jalan yang mudah dilalui.

Tepatnya wisata ini berada di jalan Dlingo – Patuk, Area Kebun, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kab. Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta. Untuk bisa sampai di lokasi kamu bisa mengendarai motor atau mobil pribadi.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

Menaklukkan Rute Menuju Lokasi

Lokasi watu amben tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja, hanya berjarak sekitar 18,3 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 47 menit jika dilalui dalam kondisi jalanan normal, dengan jalan yang sangat mudah dilalui karena sudah diaspal dan cukup lebar.

Jadi buat kamu yang berkunjung tidak perlu berdesakan dengan pengunjung lain. Nah buat kamu yang penasaran dengan rute menuju lokasi silahkan simak penjelasan berikut ini:

Rute perjalanan akan dimulai dari kilometer 0 atau tugu Jogja ambil arah menuju Timur ke Jalan panembahan Senopati, Kemudian jalan lurus terus hingga kamu melewati jalan Kusumanegara dan jalan lurus terus hingga nanti kamu bertemu perempatan dan ambil arah menuju selatan ke jalan Gedong Kuning

Jalan terus sampai kamu menemukan perempatan kembali lalu ambil arah ke timur menuju jalan Wonosari kemudian jalan lurus terus hingga kamu menemukan tanjakan dan masih tetap lurus terus hingga kamu melewati jalan Dlingo – Patuk, kemudian ikuti jalan utamanya sampai kamu menemukan papan nama yang bertuliskan “Watu Amben” dan sampailah kamu di lokasi wisata.

Kunjungi juga yuk: Tempat Wisata Romantis Bukit Lintang Sewu di Bantul

Suasana Malam via IG @elisabeth.dwikasari

Suasana Malam via IG @elisabeth.dwikasari

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Watu Amben

Banyak sekali tempat wisata alam di kota Jogja ini yang menawarkan harga yang sangat murah dan terjangkau. Bahkan banyak juga yang menawarkannya secara gratis, wisata alam watu amben adalah salah satu wisata yang tidak memungut biaya sedikitpun alias gratis.

Meski gratisan bukan berarti menyuguhkan pesona abal – abal ya, sebab keindahan alamnya sudah tidak perlu diragukan, pasti membuat kamu enggan beranjak dari tempat ini. karena watu amben merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati indahnya sunset kota Jogja.

Namun buat kamu yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tiket parkirnya yang di bandrol dengan harga yang sangat bersahabat pula. kamu cukup membayar Rp. 2000 saja untuk jenis kendaraan pribadi roda dua atau motor, sedangkan untuk kendaraan  pribadi jenis roda empat atau mobil cukup membayar Rp. 5000 saja. sungguh destinasi alam yang sangat cocok buat kamu yang memiliki modal pas – pasan.

Waktu Paling Tepat untuk Berkunjung

Selain kabar gembira berupa harga tiket masuk yang gratis dan murahnya biaya lainnya, kami juga akan memberi informasi gembira lainnya, yaitu kamu bisa mengunjungi wisata alam watu amben ini sesuka hati karena lokasi wisata ini dibuka untuk umum Selama 24 jam. Namun meski bisa dikunjungi kapan saja kami memiliki rekomendasi waktu berkunjung yang paling tepat.

Sebaiknya kamu yang memiliki rencana berkunjung datanglah di pagi hari selepas sholat subuh karena buat kamu yang beruntung bisa menyaksikan indahnya sunrise di pagi hari ketika detik – detik terbitnya matahari yang sangat menakjubkan. Kamu bisa sepuasnya menikmati indahnya langit sunrise sambil berfoto – foto ria dari ketinggian dan ditemani segelas kopi hangat.

Waktu berkunjung yang paling baik selanjutnya adalah sekitar pukul 3 sore dimana suasana sudah tidak lagi terik dan mulai menunggu detik – detik matahari terbenam atau sunset yang tidak kalah indahnya dari suasana sunrise, kamu akan melihat romantisnya langit sore yang berwarna jingga keemasan. Suasana seperti ini sangat cocok dinikmati bersama pasangan.

Kunjungi juga yuk: Wisata Kampung Edukasi Watu Lumbung Bantul

Keindahan Jogja dari ketinggian via IG @ipan_kebo

Keindahan Jogja dari ketinggian via IG @ipan_kebo

Fasilitas Tambahan di Lokasi Wisata

meski terbilang wisata alam gratisan namun dalam segi fasilitas pendukung sudah cukup memadai. Meski masih terbilang sederhana namun sudah cukup nyaman buat pengunjung yang datang,  karena memang tempat ini masih dikelola secara swadaya masyarakat sekitar sehingga pembangunannya juga masih sebatas kemampuan mereka. Berikut beberapa fasilitas pendukung di watu amben, diantaranya:

1. Area Parkir yang Cukup Luas dan Aman

Buat pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa menitipkan motor atau mobilnya di lahan parkir yang telah disediakan. Area parkir disini dilengkapi dengan beberapa petugas parkir yang merupakan pemuda di sekitar lokasi wisata

2. Tempat Sampah

Buat kamu yang berkunjung jangan membuang sampah sembarangan karena akan merusak pemandangan dan kenyamanan pengunjung. Maka dari itu buanglah sampah ke tempat sampah yang telah disediakan petugas

3. Toilet Umum

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung di bangunlah sebuah lokasi kamar mandi atau toilet umum. Kamar mandi disini cukup bersih dan wangi.

4. Gazebo atau Gardu Pandang

Gazebo atau gardu pandang juga ada lo. Untuk melengkapi fasilitas penunjang di tempat ini dibangunlah sebuah gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat sambil menikmati keindahan disekitar lokasi wisata

5. Warung Makan

Terlihat beberapa warung makan dan minuman yang dikelola oleh warga sekitar dengan menu lokal yang cukup lengkap dan pastinya lezat, seperti nasi kucing, tahu bacem, rawon, gudeg dan masih banyak lagi menu lainnya. Selain itu terdapat pula warung wedangan yang menyiapkan beberapa menu wedang dan kopi

Pesona Wisata Alam Watu Amben Jogja

Watu amben merupakan nama yang berasal dari bahasa jawa yang berarti bentuk batu besar yang menyerupai ranjang. Wisata ini sangat populer di kalangan traveler hingga tidak pernah sepi pengunjung. Banyak yang menyukai tempat ini karena letaknya yang berada di tepi jurang yang tertanam yang memiliki ketinggian ratusan meter.

Banyak pengunjung yang penasaran dengan pesona disekitar watu amben ini. karena kamu bisa menyaksikan gemerlapnya kota dan pemukiman penduduk seperti melihat hamparan bintang – bintang ketika malam hari.

Menikmati Keindahan Jogja di Malam Hari via IG @hayliajournalism

Menikmati Keindahan Jogja di Malam Hari via IG @hayliajournalism

Watu amben sebenarnya sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram yang digunakan untuk tempat beristirahat sambil melihat keindahan di bawahnya. Namun mulai dibuka untuk umum dan menjadi salah satu destinasi wisata baru – baru ini.

Watu amben yang digunakan penduduk sebagai tempat beristirahat ini memiliki pemandangan sekitar yang sangat cantik dan terlihat hamparan pepohonan hijau dan jejeran perbukitan yang tidak kalah cantiknya jika dilihat dari kejauhan. Sungguh pemandangan yang membuat pikiran menjadi tenang dan damai. Tempat ini masih sangat alami dan belum tercemar polusi sama sekali.

Tercium aroma hutan yang damai, serta semilir angin yang menyejukkan hati, membuat kamu yang berkunjung enggan beranjak dari tempat ini. kamu juga bisa berfoto sepuasnya dari watu amben ini. kamu bisa menghasilkan foto yang eksotis. Selain itu kamu juga bisa mengambil foto pemandangan alam di sekitarnya yang sangat cantik.

Bahkan ketika hari cerah kamu bisa melihat kokohnya gunung – gunung di sekitarnya seperti gunung Merbabu, gunung Merapi, serta gunung Sumbing. Satu hal yang menjadi daya tarik tempat ini adalah sunset dan sunrisenya yang mempesona. Memang watu amben menjadi lokasi menikmati sunset dan sunrise yang sempurna.

Keindahan Sunrise di Watu Amben via IG @panjiyudhairawan

Keindahan Sunrise di Watu Amben via IG @panjiyudhairawan

Terlihat dari ketinggian ketika matahari terbenam perlahan dan langit berubah menjadi jingga keemasan yang perlahan menghilang ditelan pegunungan, sungguh suasana yang sangat romantis. Setelah malam tiba kamu akan melihat pemandangan yang tidak kalah indahnya yaitu terlihat lampu – lampu kota dan pemukiman warga seolah kamu berada di hamparan bintang di angkasa yang sangat memukau.

Selain sebuah batu yang bisa digunakan untuk beristirahat dan menghilangkan lelah sambil menikmati keindahan alam di bawahnya kamu juga bisa beristirahat di beberapa gazebo atau gardu pandang sambil menikmati bekal makanan yang kamu bawa dan suguhan pemandangan yang sejuk dan indah membuat penat anda hilang.

Wisata Kuliner

Kulineran Romantis

Kulineran Romantis via Dekatour

Buat  kamu yang tidak membawa bekal makanan dan minuman sendiri silahkan menuju warung makan sederhana yang dikelola oleh warga sekitar, karena memang keberadaan wisata alam watu amben ini turut mendongkrak perekonomian warga sekitar banyak warga yang kini mulai menggantungkan hidupnya pada wisata ini seperti dengan berjualan aneka makanan dan minuman.

Menu yang tersedia merupakan menu lokal yang cukup lengkap dan lezat. Buat kamu yang Cuma ingin menikmati minuman saja juga tersedia warung minuman yang menyediakan minuman dingin, minuman panas, minuman botol, serta aneka jus buah yang segar dan nikmat.

Wisata alam di Sekitar Watu Amben Jogja

Untuk memanfaatkan waktu dan biaya sebaik mungkin sebaiknya setelah puas menikmati pesona wisata alam watu amben kamu disarankan untuk mengunjungi wisata alam di sekitarnya, berikut diantaranya:

  • Wisata alam Bukit Bintang
  • Wisata alam watu lawang
  • Wisata alam watu goyang
  • Wisata alam kalibiru
  • Puncak pinus becici
  • Wisata alam curug gedhe
  • Puncak songgo langit
  • Hutan pinus asri
  • Jurang tembelan
  • Bukit lintang sewu
  • Bukit panguk kediwung
  • Tebing breksi
  • Wisata alam grenden
  • Wisata alam taruwongso
  • Wisata alam batu seribu

Tips dan Saran

Kami memiliki beberapa tips dan saran buat kamu yang memiliki rencana berkunjung ke wisata alam watu amben ini. kami bertujuan membuat liburanmu kali ini lebih menyenangkan. Berikut beberapa tips dan saran dari kami, diantaranya:

  • Sebelum mengunjungi wisata ala mini pastikan perutmu terisi penuh dan hindari bepergian dalam kondisi perut kosong untuk mencegah masuk angin dan kembung
  • Buat kamu yang lebih menyukai bekal sendiri sebaiknya bawa menu yang kamu inginkan dan pastikan kamu membuang sampah sisa bungkus nasi dan botol mineral pada tempat sampah yang tersedia
  • Pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan prima agar tidak menghalangi perjalanan liburanmu kali ini
  • Lokasi watu amben ini berada di ketinggian maka dari itu pastikan kamu memakai baju hangat atau jaket agar tidak terkena flu
  • Ketika berkunjung pastikan kamu menjaga sopan santun dan ramah tamah kepada penduduk sekitar dan pengunjung lain karena kamu adalah tamu yang wajib menghormati tuan rumahnya
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan yang spesial
  • Bawa pula perlengkapan kesehatan seperti obat – obatan, minyak kayu putih, tissue, dll untuk jaga – jaga

Tunggu apa lagi silahkan berkunjung ke wisata alam watu amben yang terletak di Kab. Bantul, di sebelah Bukit Bintang Kab. Gunung Kidul. Silahkan nikmati sendiri pesona alamnya dari dekat dan secara nyata. Selamat berlibur dan berkunjung, kurang dan lebih mohon maaf, sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Wisata Alam Hutan Pinus Pengger Bantul

Oke Trans-22