Kuliner Buka Puasa di Pacitan

Tempat Wisata

96 total views, 2 views today


Dalam hal tempat wisata di indonesia, propinsi Jawa timur memang memiliki posisinya sendiri. Propinsi yang satu ini memiliki berbagai macam jenis destinasi wisata yang sanggup untuk menarik perhatian para wisatawan. Mereka yang datang berkunjung ke kawasan tempat wisata di Jawa Timur, bahkan tak hanya terbatas pada beberapa wisatawan dalam negeri saja.

Namun, tak sedikit dari wisatawan luar negeri yang juga menyempatkan diri mengunjungi lokasi wisata tersebut. Jika berbicara mengenai lokasi wisata, maka salah satu destinasi yang bisa dikunjungi adalah kota pacitan. Kota yang satu ini disebut juga sebagai kota 1001 gua. Hal tersebut dikarenakan banyaknya gua yang dapat ditemukan di kita ini. Maka, tak mengherankan jika kota yang satu ini masuk kedalam daftar wisata gua di Indonesia.

Apa yang akan kita bahas kali ini memang berhubungan erat dengan kota pacitan. Namun, sayangnya kita tak akan membahas mengenai beberapa destinasi tempat wisata di pacitan. Kita akan membahas mengenai beberapa jenis kuliner di kota ini. Lebih tepatnya kita akan membahas mengenai kuliner buka puasa di pacitan. Kota yang satu ini menyimpan beberapa jenis kuliner yang sangat pas untuk dinikmati pada saat berbuka puasa. Beberapa menu yang bisa kita temukan, seperti

1. Soto Pacitan

Soto PacitanSoto adalah salah satu jenis kuliner yang sangat lumrah dan sangat umum di temukan. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki menu racikan soto mereka masing-masing. Sebut saja seperti soto kebo yang terkenal sebagai salah satu kuliner buka puasa di Kudus. Namun, pada soto pacitan terdapat perbedaan yang membuatnya tak sama dengan soto yang lain. Soto pacitan sendiri memiliki kuah yang terlihat bening, karena memang tidak menggunakan santan. Selain itu soto pacitan juga diberi taburan irisan dun bawang dan kacang tanah goreng. Pemberian kacang tanah goreng itulah yang membuat soto ini menjadi berbeda dari biasanya.

Untuk dapat menikmati seporsi menu soto pacitan saat berbuka bukanlah sebauh hal yang susah. Kita tinggal datang saja ke Warung Soto Ayam Kampung Pak Ponadi yang terletak di alan Dr. Sutomo No.66 RT.2/RW.3, Kebonredi, Slagi, Kec. Pacitan. Tempat makan tersebut adalah salah satu tempat makan yang cukup terkenal dengan menu soto pacitannya.

2. Thiwul

ThiwulMenu makanan yang satu ini mungkin terkesan unik dan mungkin agak kurang diketahui banyak orang. Thiwul adalah sebuah makan yang digunakan untuk menggantikan nasi. Makanan yang satu ini terbuat dari gaplek atau singkong yang dikeringkan, dan kemudian di giling hingga menjadi tepung. Sehingga dapat dikatakan bahwa tiwul adalah makanan yang terbuat dari tepung singkong.

Menu makanan yang satu ini selain terkenal sebagai menu kuliner dari pacitan juga terkenal sebagai salah satu menu wisata kuliner jogja. Rasa dari menu makanan yang satu ini memang cukup unik dan berbeda, cara masaknya pun bisa dikatakan juga cukup rumit. Biasanya nasi tiwul akan berwarna kecoklatan atau kemerahan, hal tersebut tergantung dari jenis singkong yang digunakan.

Menu yang satu ini adalah menu yang sangat merakyat dan sangat nikmat. Untuk menikmati menu masakan yang satu ini kita bisa berkunjung ke LBI Sego Tiwul yang beralamat di Kembang Kidul, Sedeng, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan. Satu hal yang pasti adalah nasi tiwul ini akan memberikan rasa kenyang yang lebih mengenyangkan dari pada kita makan nasi. Karena itu menu yang satu ini sangat pas untuk berbuka nanti sore.

3. Kupat Tahu

Kupat TahuKuliner buka puasa di pacitan yang satu ini adalah menu kuliner yang sangat umum dan sudah sangat terkenal. Bahkan menu yang satu ini sudah terkenal sebagai salah satu kuliner buka puasa di magelang yang sangat dicari. Menu makanan yang satu ini memiliki bahan dasar utama lontong atau ketupat. Makanan yang satu ini bisa dikatakan sangat sederhana, namun sangat nikmat dengan cita rasa yang lain dari yang lain. Jika kalian menyamakan kupat tahu dengan menu ketoprak yang dapat kita temukan di beberapa tempat berbuka di jakarta, maka kalian salah besar.

Menu yang satu ini memiliki ciri khasnya sendiri yang berbeda dari yang lain. Dalam penyajiannya irisan lontong atau kupat akan ditambahkan taburan kacang goreng, seledri dan taoge serta disiram dengan kuah penuh bumbu kacang yang nikmat. Bumbu yang digunakan sendiri biasanya lebih encer daripada bumbu yang digunakan pada ketoprak.

Selain itu, salah satu ciri khas yang dimiliki oleh kupat tahu pacitan akan dimakan dengan kerupuk udang. Untuk mencari menu makanan yang satu ini bukanlah hal yang susah. Ada banyak sekali lokasi yang bisa kita kunjungi, untuk menikmati menu yang satu ini.

4. Tahu Tuna

Tahu TunaSetiap bulan puasa biasanya masyarakat indonesia akan memiliki kebiasaan baru. kebiasaan ini sendiri hanya akan muncul pada saat bulan puasa. Kebiasaan tersebut adalah makan cemilan terlebih dahulu sebalum akhirnya makan makanan berat. Jika berbicara mengenai cemilan yang cukup pas untuk kita nikmati saat berbuka puasa di kawasan pacitan adalah tahu tuna.

Makanan yang satu ini bisa dikatakan tak jauh berbeda dengan tahu bakso yang biasa kita temukan. namun, yang membedakan keduanya adalah isian dari tahu yang satu ini berasal dari gilingan ikan tuna. Menu makanan yang satu dapat kita temukan disetiap sudut kota pacitan.

Menu ini sendiri sangat pas untuk kita makan sebelum makan makan yang berat, atau jika kalian malas untuk makan yang berat, maka tahu tuna ini sudah cukup mengenyangkan.

5. Jadah bakar

Jadah bakarMenu kuliner buka puasa di pacitan yang satu ini merupakan salah satu menu yang cukup sederahana namun cukup terkenal. Menu makanan yang satu ini merupakan salah satu menu yang sangat merakyat. Jika kita berkunjung di kawasan alun-alun kota pacitan, maka akan kita temukan banyak sekali lokasi yang menjual menu yang satu ini. Menu yang satu ini sendiri sangat pas dijadikan sebagai menu cemilan yang mengenyangkan saat berbuka puasa nanti.

Jadah sendiri adalah makanan yang terbuat dari nasi ketan yang di tumbuh dan kemudian di bentuk menjadi kotak-kotak kecil. jika kita berkunjung ke  beberapa tempat berbuka di Jogja, maka kita akan dengan mudah menemukan menu yang satu ini.

Selain kuliner yang disebutkan di atas. Masih ada beberapa kuliner lain seperti

  1. Sego Godhong Jati
  2. Sale Anggur
  3. Punten
  4. Cenil
  5. Singkong Keju
  6. Ikan Goreng Tepung
  7. Sego Gobyos
  8. Otak-Otak Tuna

Itulah tadi beberapa jenis kuliner buka puasa di pacitan yang bisa kita temukan. Setiap kuliner tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kenikmatan tersendiri. Namun, yang satu pasti adalah, menu-menu tersebut sangat pas untuk kita nikmati saat waktu berbuka tiba. Semoga informasi tadi bermanfaat.

The post Kuliner Buka Puasa di Pacitan appeared first on TempatWisataUnik.com.



Source link