Kuliner Buka Puasa di Pati

Tempat Wisata

185 total views, 1 views today


Kota pati adalah salah satu kota yang berada di kawasan pantai utara jawa. Kota yang satu ini bis dikatakan merupakan salah satu bagian dari tempat wisata di Jawa Tengah yang cukup menari untuk di kunjungi. Nama kota pati sendiri mungkin akan banyak sekali terdengar ketika waktu mudik tiba. Hal tersebut karena letaknya yang tepat berada di jalur mudik Utara Pulau Jawa.

Kota yang satu ini sendiri menyimpan banyak sekali potensi wisata yang bias dikatakan sangat menarik. berbagai destinasi wisata dapat kita temukan di kota ini. Bahkan bisa dikatakan bahwa destinasi wisata yang ada di kota ini tidak kalah dengan tempat wisata di indonesia yang ada di kota –kota lain. Kota yang satu ini mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu bagian dari wisata sejarah yang ada di Indonesia.

Namun, kali ini kita akan membahas mengenai berbagai macam destinasi wisata yang ada di kota ini. Meskipun apa yang kita bahas juga merupakan bagian dari dunia wisata yang ada di pati. Kita akan membahas mengenai beberapa kuliner buka puasa di Pati, kuliner-kuliner yang pastinya sangat pas dan sangat cocok untuk kita nikmati waktu berbuka. Ada beberapa jenis kuliner yang wajib kita coba saat buka puasa nanti, seperti

1. Sego Gandul

Sego GandulKuliner buka puasa di pati yang satu ini merupakan salah satu kuliner yang sangat ikonik dengan kota pati. Jika kita sedang berada di pati atau sedang melewati pati ketika waktu buka puasa hampir tiba, maka Sego gandul adalah makanan yang harus kalian coba. Kata Gandul sendiri dalam bahasa Indonesia dapat di artikan sebagai menggantung, sehingga sego gandul dapat di terjemahkan sebagai nasi gantung.

Penyebutan tersebut berdasarkan penampakan dari nasi yang satu ini, yang disajikan di piring dengan alas daun pisang. Sehingga nasi yang berada di atas lapisan daun pisang tersebut terkesan seperti menggantung di atas piring. Kuliner yang satu ini mungkin terkesan seperti nasi gulai yang banyak kita temukan di beberapa tempat buka puasa di solo. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya keliru.

Nasi gandul sendiri memiliki cita rasa manis gurih yang kadang kita temukan di gulai khas solo dan sekitarnya. Nasi yang satu ini biasanya buka dari malam hingga dini hari, jadi jangan takut kalian kehabisan. Kita bisa menemukan beberapa penjual nasi gandul yang cukup terkenal. Seperti salah satunya yang ada di Nasi gandul pak Meled di Krajan Gajah Mati, Gajahmati, Kec. Pati, Kabupaten Pati.

2. Soto Kemiri

Soto KemiriSoto memang merupakan salah satu kuliner yang cukup melegenda di pulau jawa. Setiap daerah memiliki racikan soto mereka masing-masing. Kita mengenal soto kebo yang terkenal sebagai salah satu kuliner buka puasa di Kudus. Kemudian kita juga mengenal soto Bangkong yang dapat kita temukan di salah satu tempat berbuka di semarang. Kini Kota Pati pun memiliki sebuah soto yang cukup unik, soto ini bernama soto kemiri. Penyebutan soto kemiri karena memang soto yang satu ini berasal dari daerah kemiri.

Namun, soto kemiri ini sendiri agak berbeda dengan soto yang biasa kita temukan di Jawa Tengah. Secara umum soto jawa tengah memiliki kuah yang cukup bening karena tidak menggunakan santan sebagai bumbu penambah. Penggunaan santan sendiri lebih banyak kita temuan di soto khas jawa timur dan sekitarnya.soto kemiri ini sendiri menggunakan santan dengan rempah yang cukup banyak.

Sehingga cita rasa gurih dan nikmat akan cukup menyenangkan. Soto kemiri sendiri bisa dikatakan menu berbuka yang pas karena porsinya yang tidak terlalu besar dan banyak. kita bisa menemukan soto ini di Soto Kemiri Pati Pak Cecep yang ada di kawasan Kaborongan, Pati Lor, Kec. Pati.

3. Jangan Tewel

jangan-tewelKuliner buka puasa di pati yang satu ini merupakan sebuah menu umum yang cukup mudah untuk di temukan. Kata jangan disini jangan di artikan sebagai sebuah larangan, namun kata jangan disini dapat di artikan sebagai sayur. Sedangkan tewel adalah penyebutan untuk nangka muda. Jangan tewel dapat di artikan sebagai sayur nangka muda, kuliner yang satu ini adalah jenis kuliner yang cukup umum untuk di temukan hal tersebut karena sayur yang satu ini adalah salah satu sayur rumahan yang sangat umum sekali.

Namun, jika kalian sedang berada di pati tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner yang satu ini. penyajian dari menu yang satu ini mirip dengan penyajian nasi gandul. Hanya saja juka nasi gandul menggunakan daun pisang, maka jangan tewel menggunakan daun jati muda.

Makanan yang satu ini cenderung memiliki rasa yang agak pedas dengan sensasi gurih. Kita dapat menemukan makanan ini di kawasan Tambakromo, salah satunya di Rumah Makan Sego Tewel Mbak Siti Kamto.

4. Mangut Kepala Manyung

Mangut Kepala ManyungMasakan mangut merupakan salah satu masakan yang bisa dikatakan sangat umum di kawasan jawa tengah dan jogja. makanan yang satu ini tak hanya tersebar di beberapa tempat berbuka di Jogja saja, namun kita juga bisa menemukan menu ini di kota pati. Masakan mangut kepala manyung ini memiliki cita rasa gurih dan pedas. Menu makan yang sangat nikmat untuk berbuka puasa nanti.

Daerah Juwana merupakan salah satu kawasan yang menjadi pusat persebaran masakan ini. Jika kalian ingin menemukan masakan mangut kepala manyung yang nikmat, maka sebaiknya kalian berkunjung ke daerah Juwana.

5. Petis Kambing Runting

Petis Kambing RuntingKuliner buka puasa di pati yang satu ini tidak memiliki hubungan dengan petis yang banyak digunakan sebagai bahan rujak cingur. Salah satu makanan berbuka yang dapat kita temukan di beberapa tempat berbuka di Surabaya. Penyebutan petis ini sendiri karena untuk memasak makanan ini akan menggunakan tepung beras yang di sangrai, sehingga kuah dari masakan yang satu ini akan terlihat lebih kental. Satu hal lagi yang cukup unik adalah menu makanan ini hanya bisa ditemukan di kawasan runting. Bagi kalian yang menyukai balungan kambing, maka menu yang satu ini wajib hukumnya untuk kalian cicipi segera.

Selain beberapa kuliner yang ada di atas, masih ada beberapa kuliner lain seperti

  1. Jangan Tempe Pedes
  2. Jangan Mrico
  3. Bandeng Presto
  4. Getuk Lopis Runting
  5. Kue Moho
  6. Opor Ayam Ibu Saudah
  7. Tahu Gimbal Udang
  8. Swike Kerang
  9. Nasi Gandul Romantis H.S Sardi
  10. Omah Cabe
  11. Rumah Makan Kembang Joyo

Itulah tadi beberapa kuliner buka puasa di pati yang bisa kalian nikmati. Kuliner tersebut selain diminati oleh penduduk asli pati, juga menjadi godaan bagi para pemudik lebaran yang melewati kota pati. Pastikan kalian mencicipi salah satu menu yang ada di atas. Semoga informasi  tadi bermanfaat.

The post Kuliner Buka Puasa di Pati appeared first on TempatWisataUnik.com.



Source link