Kuliner Buka Puasa di Pekalongan

Tempat Wisata

98 total views, 1 views today


Ketika kita berbicara mengenai berbagai macam destinasi tempat wisata di Indonesia. Pada dasarnya ada banyak sekali lokasi-lokasi yang memiliki kelebihan dan keindahan. Salah satu dari sekian banyak lokasi yang cukup terkenal menyimpan berbagai destinasi wisata adalah Jawa Tengah. Destinasi tempat wisata di Jawa Tengah sendiri memiliki berbagai macam jenis wisata yang dapat memanjakan para pelancong.

Bisa dikatakan bahwa setiap kota yang ada di Jawa tengah memiliki kelebihannya masing-masing. Salah satu kota yang cukup terkenal adalah kota pekalongan, sebuah kota yang cukup terkenal di kalangan masyarakat indonesia. Kota yang satu ini disebut juga sebagai kota batik, karena ada banyak sekali produsen batik yang bisa di temukan di dalamnya.

Pembahasan kali ini memang berhubungan erat dengan kota batik ini. Namun, apa yang kita bahas bukanlah beberapa destinasi wisata yang ada di dalamnya. Kita akan membahas mengenai kuliner buka puasa di Pekalongan. Kota yang satu ini selain menyimpan berbagai macam destinasi wisata yang indah. Ternyata juga menyimpan berbagai macam jenis kuliner yang nikmat. Ada bebearapa jenis kuliner yang bisa kita nikmatis ebagai menu bebruka puasa. Beberapa menu tersebut adalah

1. Tauto Pekalongan

Tauto PekalonganMenu kuliner buka puasa di pekalongan yang satu ini merupakan salah satu jenis menu yang cukup unik dan berbeda. Pada dasarnya menu yang satu disamakan atau disejajarkan dengan menu soto yang banyak dikenal masyarakat. Jadi, bisa dikatakan bahwa tauto adalah menu soto yang sangat khas dengan pekalongan. Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh menu yang satu ini adalah penggunaan tauco dalam pembuatannya.

Dalam hal tersebut menu yang satu ini memiliki kemiripan dengan sauto yang merupakan salah satu menu kuliner buka puasa di tegal. Kedua  makanan tersebut sama-sama berbahan dasar tauco. Namun, jika kita perhatikan dengan seksama maka akan ada perbedaan yang mencolok salah satunya pada kuahnya. Pada tauto bisa diaktakan kuahnya jauh lebih kental dan lebih hitam. Untuk mencari menu yang satu ini di kota pekalongan bukanlah hal yang susah.

Kalian bisa mengunjungi salah penjual tauto yang cukup terkenal adalah Soto Tauto PPIP Bu Bawon, yang berada di Jalan Dokter Wahidin No.112, Noyontaan, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan.

2. Nasi megono

Nasi megonoApakah kalian familiar dengan masakan nasi jamblang yang merupakan salah satu makanan yang dapat kita temukan di beberapa tempat buka puasa di cirebon. Masakan tersebut merupakan salah satu contoh masakan khas yeng berbahan dasar nasi. Namun, di kawasan pekalongan sendiri ada sebuah masakan nasi yang juga sangat terkenal. Bahkan makanan yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu icon penting dari kota pekalongan. Menu, makanan yang satu ini adalah nasi megono, sebuah menu nasi khas yang sangat penting di pekalongan.

Untuk mencari menu masakan ini di pekalongan bukanlah hal yang susah. Salah satu penjual nasi megono yang cukup terkenal adalah Nasi Megono Bu Suli yang berada di alamat  l. Jeruk No.30B, Sampangan, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan. Salah satu ciri khas dari masakan yang satu ini adalah adanya urap nangka muda yang tak boleh terlewatkan sama sekali.

Pada dasarnya nasi megono atau beras megono ini adalah masakan yang berupa nasi liwet. jadi nasi megono memang memiliki tekstur yang bisa dikatakan lembek. Selain ditemani urap nangka muda, makanan yang satu ini biasanya juga ditemani dengan beberapa jenis lauk lain yang bisa dikatakan tak kalah nikmatnya.

3. Pindang Tetel

Pindang TetelKuliner buka puasa di pekalongan yang satu ini mungkin merupakan salah satu makanan yang cukup unik. Bagi mereka yang sudah pernah mencicipi menu makanan yang satu ini akan merasa makanan yang satu ini mirip rawon, salah satu jenis masakan yang banyak kita temukan di tempat berbuka di surabaya. Namun, ada hal mendasar yang membedakan menu yang satu ini dengan rawon. Salah satunya adalah penggunaan daging yang ada di dalam masakan tersebut.

Seperti yang telah disebutkan menu makanan yang satu ini memang menggunakan tetelan sapi sebagai bahan utama. Selain memiliki tetelan sapi sebagai bahan utama, masakan yang satu ini juga di tambah dengan kerupuk di dalamnya. Jangan berharap kalian akan menemukan nasi ketika memesan pindang tetel ini. Biasanya masakan yang satu ini akan dimakan dengan lontong. Untuk mencari pindang tetel di kawasan pekalongan bukanlah sebuah hal yang susah.

Ada banyak sekali lokasi yang menjual menu makanan satu ini. Salah satu penjual pindang tetel yang cukup terkenal adalah Pindang Tetel Pak Casroni, tempat makan tersebut beralamat di Jl. Karangdowo, Sopaten, Kedungwuni Bar., Kec. Kedungwuni, Pekalongan.

4.  Lontong Lemprak

Lontong LemprakMenu masakan yang terbuat dari lontong bisa dikatakan merupakan salah satu menu yang sangat familiar dan sangat terkenal di kalangan masyarakat. Kita mengenal berbagai macam jenis olahan makanan yang terbuat dari lontong atau ketupat, sebut saja ketoprak dan juga kupat tahu yang banyak terkenal sebagai salah satu kuliner buka puasa di magelang. Kawasan Pekalongan sendiri juga memiliki menu makanan yang terbuat dari lontong.

Makanan yang yang satu ini disebut sebagai lontong lemprak. Penyebutan lemprak sendiri karena lontong ini dimakan sembari nglemprak atau duduk bersila bisa juga disebut dengan lesehan. Menu masakan yang satu ini merupakan menu makanan yang sangat mirip dengan lontong sayur. Seporsi irisan lontong akan disiram dengan kuah opor dan kemudian di tambah dengan telur rebus.

5. Garang asem

Garang asemKuliner buka puasa di pekalongan yang satu ini bisa dikatakan merupaka salah satu menu yang cukup mewah. Hal tersebut karena isian dari menu yang satu ini berisi irisan daging sapi, yang terkadang di tambah dengan jeroan sapi. Tak lupa tambahan sebutir telur ayam yang sudah di bumbu pindang. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sedikit asam dengan sensasi pedas yang normal. Selain itu menu yang satu ini juga merupakan menu yang sangat terkenal di pekalongan.

Ada banyak sekali penjual menu garang asam yang ada di kawasan pekalongan. Namun, salah satu yang cukup terkenal adalah Garang Asem H. Masduki, yang berada di  Kompleks Travel di, Jl. Alun-Alun Utara, Keputran, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan.

Selain beberapa kuliner yang disebutkan di atas, masih ada beberapa kuliner lain, seperti

  1. Kluban
  2. Sate Hayam Wuruk
  3. Kripik Tahu
  4. Limun Oriental
  5. Cepret
  6. Soto kebo
  7. Nasi Kebuli
  8. Iwak Panggang

Itulah tadi beberapa kuliner buka puasa di pekalongan yang bisa kalian nikmati. Setiap makanan tersebut pastinya memiliki cita rasa yang nikmat dan mengenyangkan. Kalian bisa menjadwalkan untuk menikmati salah satu dari beberapa menu di atas. Semoga informasi tadi bermanfaat.

The post Kuliner Buka Puasa di Pekalongan appeared first on TempatWisataUnik.com.



Source link