Ming. Des 8th, 2019

OkeTrans22

Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan

Keindahan Sunset Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran – Daerah Istimewa Yogyakarta patut berbangga hati, pasalnya di kota ini terdapat sebuah gunung api purba. Gunung ini telah memiliki umur jutaan tahun. Gunung yang terbentuk sekitar 0,6 – 70 juta tahun yang lalu ini memiliki umur tersier atau Oligo-Miosen.

Gunung dengan berbagai ciri khas ini bernama Gunung Nglanggeran. Sebuah gunung yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul ini menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup popular.

Sejak zaman dahulu telah banyak para wisatawan yang penasaran dengan keindahan gunung purba ini bahkan ada banyak sekali para pecinta alam yang melakukan pendakian hingga ke puncak gunung Nglanggeran untuk merasakan sensasi di puncak gunung yang menyajikan berbagai pesona alam yang luar biasa.

Namun buat anda yang memiliki kondisi fisik yang tidak baik sebaiknya hindari mengikuti pendakian ke puncak gunung karena cukup berbahaya dan melelahkan.

Gunung nglanggeran bukan hanya sebuah gunung purba yang memiliki pesona alam yang luar biasa namun terdapat cerita legenda dan mistis di balik kegagahan gunung ini. Cerita legenda ini diwariskan secara turun temurun oleh penduduk sekitar kota Yogyakarta.

Konon ditempat ini ada sebuah legenda mengenai tokoh pewayangan. Jadi buat anda yang berkunjung ditempat ini jangan heran jika pada hari – hari tertentu ada banyak orang yang melakukan ritual tertentu, bahkan banyak pula orang yang melakukan tapa brata di salah satu lokasi gunung ini.

Apapun cerita misteri di balik gunung nglanggeran itu tergantung dari kepercayaan kita masing – masing selama kita tidak saling mengganggu dan tetap menjaga sopan santun selama berkunjung tidak akan terjadi masalah apa – apa. Selain itu pesona gunung ini memang tidak bisa diragukan lagi.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Legenda Gunung Nglanggeran

Gunung yang terdapat di salah satu desa yang terdapat di kabupaten Gunung Kidul ini memiliki cerita legenda rakyat yang masih dijaga hingga saat ini konon ceritanya gunung ini menjadi tempat menghukum para warga yang ceroboh dan berani merusak wayang. Menurut cerita  nama gunung ini diambil dari kata melanggar, dan kini menjadi nglanggeran.

Pada ratusan tahun yang lalu warga sekitar akan melakukan pesta syukuran panen dengan mengundang seorang dalang, namun secara tidak disangka ada sekelompok warga yang ceroboh dan berani merusak wayang milik dalang.

Setelah mengetahui beberapa wayangnya rusak maka sang dalang murka lalu mengutuk para warga desa tersebut menjadi sosok wayang kemudian dibuang ke Bukit nglanggeran.

Karena kejadian tersebut warga sekitar mempercayai bahwa gunung ngianggeran di jaga oleh Kyai Ongko Wijoyo yang merupakan seorang tokoh pewayangan Punokawan. Selain itu di tempat ini terdapat sebuah batu besar yang digunakan oleh orang – orang sebagai tempat pertapaan.

Pertapaan atau semedi di puncak gunung nglanggeran ini banyak dilakukan pada malam tahun baru jawa atau malam 1 suro serta malam jumat kliwon yang dianggap malam keramat oleh warga jawa. Gunung ini semakin terasa mistis saat ada beberapa warga yang mengaku pernah menemukan arca mirip ken dedes.

Kunjungi juga yuk: Wisata Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

Lokasi Gunung Nglanggeran

Gunung purba yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu ini menarik minat banyak pengunjung untuk menaklukkan ketinggiannya, namun masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan atau lokasi gunung nglanggeran ini.

Sebenarnya lokasinya sangat mudah ditemukan dan cukup terkenal, terutama di kalangan para pecinta alam. Lokasinya berada di Desa Nglanggeran, kecamatan patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah istimewa Yogyakarta. akses menuju lokasinya sendiri sangat mudah dilalui menggunakan kendaraan apa saja, baik motor, mobil, maupun bus pariwisata.

Wisata Gunung Api Gunung Nglanggeran via ceritaku.blogspot.com

Wisata Gunung Api Gunung Nglanggeran via ceritaku.blogspot.com

Rute Menuju Lokasi Gunung Nglanggeran

Setelah melihat lokasi gunung nglanggeran pasti anda mulai penasaran dengan rute menuju lokasi. Untuk menjawab rasa penasaran anda kami memberikan sedikit gambaran mengenai rutenya silahkan lihat penjelasan kami berikut:

Pperjalanan akan dimulai dari pusat kota Yogyakarta, kemudian silahkan menu jalan Wonosari lalu lanjutkan perjalanan menuju Bukit Bintang atau Kecamatan patuk Gunungkidul

Lalu setelah menempuh perjalanan cukup panjang menyusuri jalan Patuk anda akan tiba di simpang empat pusat informasi pariwisata kemudian silahkan belok kiri lalu ikuti saja jalan utama hingga menempuh perjalanan sekitar 7 kilometer anda akan tiba di lokasi gunung nglanggeran.

Meski perjalanan kali ini cukup panjang namun ada tidak akan merasa bosan sebab di sepanjang perjalanan mata anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan terdapat pemandangan unik yang berupa menara transmisi yang menjulang tinggi.

Selain itu perjalanan ini cukup melelahkan sebab anda akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota dengan jarak tempuh sekitar 26,8 kilometer.

Harga Tiket Masuk Gunung Api Purba Nglanggeran

Semua kepenatan anda akan terbayar ketika memasuki area wisata gunung purba ini. hembusan angin yang sangat bersahabat membuat anda betah berlama – lama berada disini.

Semua keindahan ini bisa anda nikmati dengan harga yang cukup murah, sebab tiket masuk menuju gunung purba ini hanya dibandrol Rp. 15.000 pada siang hari, serta Rp. 20.000 pada malam hari. Sungguh harga tiket yang sangat murah dan dijamin tidak akan membuat kantong anda menipis.

Selain itu buat pengunjung yang membawa kendaraan pribadi anda perlu membayar tiket parkir di gunung nglanggeran. Tiket parkirnya pun sangat bersahabat, anda hanya perlu membayar 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua atau motor, serta 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat atau mobil, sedangkan bus pariwisata bisa membayar 20 ribu rupiah saja.

Fasilitas di Gunung Api Purba Nglanggeran

Mulai tahun 2013 lalu pengelolaan gunung api nglanggeran telah diambil alih oleh dinas pariwisata setempat tidak heran jika berbagai fasilitas pendukungnya cukup lengkap. Selain pembangunan dan peremajaan terus dilakukan untuk memberi kenyamanan lebih bagi pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas tambahan di gunung nglanggeran, diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas tempat meletakkan kendaraan yang dibawa oleh pengunjung, dengan harga tiket parkir yang sangat terjangkau
  • Toilet umum juga tersedia di tempat ini jadi buat anda yang berkunjung bisa santai da sedikit lega
  • Mushola juga disediakan buat pengunjung muslim yang ingin menunaikan Ibadah sholat
  • Pusat kuliner dan oleh – oleh khas kota Jogja banyak dijual disini. Jadi buat anda yang tidak membawa bekal makanan sendiri bisa langsung datang ke warung – warung makan yang terdapat di tempat ini.
  • Jalur pendakian
  • Pemandu wisata yang nantinya akan menjelaskan mengenai pengetahuan sekitar gunung nglanggeran serta berbagai cerita legendanya, selain itu pemandu akan membantu anda menempuh jalur pendakian
  • Balai pertemuan
  • Pos kesehatan
  • Pusat informasi
  • Homestey yang bisa digunakan pengunjung yang ingin menghabiskan malam di tempat ini dengan tingkat kenyamanan yang bervariasi tergantung dari harga yang dipilih
  • Area camping ground juga disediakan yang bisa menampung lebih dari 200 orang. anda bisa melakukan banyak kegiatan menyenangkan di area camping ini seperti acara api unggun, bakar ikan dan ayam, bernyanyi serta masih banyak lagi kegiatan menarik lainnya.
Gerdu Pandang di Gunung Api Purba Nglanggeran

Gerdu Pandang di Gunung Api Purba Nglanggeran

Karakteristik Gunung Nglanggeran

Para ahli geologi melakukan penelitian pada gunung ini dan mereka menyebutkan gunung ini memiliki karakteristik gunung api aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu. Pada jutaan tahun yang lalu gunung ini sebenarnya adalah gunung api dasar laut yang kemudian terangkat dan menjadi daratan.

Puncak dari gunung nglanggeran disebut sebagai gunung Gedhe  dengan ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut, dan memiliki luas wilayah mencapai 48 hektar. Gunung ini memiliki ketinggian yang cukup baik tidak heran jika ada banyak sekali para pendaki gunung yang ingin menaklukkan ketinggian gunung ini.

Selain itu ada banyak sekali bebatuan besar di area sekitar gunung yang dijadikan oleh warga sekitar sebagai lokasi pertapaan dan melakukan ritual suci lainnya.

Para ahli geologi melakukan analisis peta geologi serta studi geologi terpadu, sehingga menghasilkan sebuah penemuan ilmu kebumian. Salah satu penemuan yang mereka temukan adalah fosil gunung api atau gunung purba yang merupakan gunung api yang pernah aktif pada masa lalu, namun kini sudah mati dan tererosi lebih lanjut.

Camping di Gunung Api Purba Nglanggeran

Camping di Gunung Api Purba Nglanggeran

Kawasan Pendakian yang Populer 

Buat para pecinta alam yang hobi mendaki gunung belum lengkap rasanya jika belum menaklukkan tinggi dan medan gunung purba ini. ada sebuah kepuasan dan kesenangan tersendiri ketika kita mampu sampai ke puncak sebuah gunung.

Memang selain berwisata mendaki gunung bisa tergolong sebagai olahraga alam yang memacu adrenalin. Pendakian ke gunung nglanggeran menuju puncak gunung akan melewati jalan tanah serta lorong – lorong bebatuan yang sempit, karena memang gunung ini memiliki banyak sekali bebatuan besar.

Untuk mencapai puncak gunung para pendaki harus melakukan perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Pendakian gunung akan terasa semakin sempurna ketika perjalanan dilakukan para sore hari. Maka setelah sampai di puncak gunung anda langsung disambut eloknya suasana sunset atau matahari terbenam.

Menang menyaksikan keindahan sunset dari ketinggian menjadi semakin sempurna. Buat para pengunjung atau wisatawan yang ingin mendaki bukit – bukit yang pendek di sekitar gunung ini anda perlu menggunakan tali. Selain itu ada banyak papan petunjuk jalan yang membuat ada tidak mudah tersesat.

Keindahan Sunset Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Keindahan Sunset Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Pesona Keindahan Gunung Nglanggeran

Dengan semua cerita legenda dan karakteristik gunung ini menyimpan sejuta pesona yang tidak dimiliki gunung lainnya. itulah sebabnya wilayah ini mulai dikembangkan menjadi salah satu objek wisata kota Jogja. gunung purba ini mulai dikembangkan menjadi salah satu objek wisata pada tahun 1999.

Hingga saat ini terus berkembang dan mampu menarik jutaan pengunjung dari berbagai penjuru dunia. Pengelolaan tempat ini masih dilakukan oleh pemuda karang taruna Bukit Putra Mandiri.

Wisata gunung nglanggeran ini memiliki wilayah yang sangat luas dengan ratusan bebatuan yang sangat khas karena didominasi oleh aglomerat serta breksi gunung api, membuatnya semakin terlihat eksotis.

Gunung api ini memiliki banyak sekali potensi alam serta budaya dan ekowisata, itulah sebabnya pada tahun 2008 Badan Pengelolaan desa Wisata  Nglanggeran mengambil alih pengelolaan gunung ini. 

Hingga ada banyak sekali perkembangan yang dilakukan salah satunya dengan dibangunnya beberapa fasilitas penunjang.

Wisata gunung nglanggeran yang pertama dan bisa dinikmati pengunjung adalah terdapat sebuah embung yang merupakan bangunan berupa kolam yang berbentuk seperti telaga yang dibuat di ketinggian 500 meter dari permukaan laut.

Embung Nglanggeran via IG @apriyanto_photo

Embung Nglanggeran via IG @apriyanto_photo

Di tempat ini anda bisa puas menyaksikan keindahan telaga dan alam di sekitarnya, selain itu anda juga bisa berselfie ria di tempat ini, karena memiliki spot foto yang instagramable.

Embung ini selain dijadikan tempat wisata juga dimanfaatkan sebagai penampung air hujan yang dimanfaatkan sebagai sumber mata air untuk mengairi kebun buah kelengkeng, durian, serta rambutan di sekeliling embung.

Embung ini sendiri memiliki luas sekitar 5.000 meter persegi. Selain itu pada musim kemarau saat sumber mata air lain mulai kering para petani akan memanfaatkan air ini untuk mengairi sawah mereka. Untuk pengunjung yang ingin melihat keindahan embung ini silahkan menaiki anak tangga yang telah disediakan.

Menikmati Pemandangan Embung Nglanggeran via Piknikasik

Menikmati Pemandangan Embung Nglanggeran via Piknikasik

Dari atas ketinggian anda bisa menyaksikan keindahan alam yang luar biasa, pepohonan yang tumbuh subur dengan bebatuan akan menambah keindahan tempat ini. tunggu apa lagi segera kunjungi gunung nglanggeran dan nikmati sensasi alam dari puncak gunung nan kokoh ini.

Tips dan Saran

  • Melakukan pendakian ke puncak gunung merupakan kegiatan yang menantang dan memacu adrenalin maka dari itu pastikan kondisi tubuh anda fit dan mampu melakukan pendakian dengan baik
  • Di puncak gunung ini sendiri udaranya sangat sejuk dan dingin oleh sebab itu pastikan anda mengenakan pakaian hangat dan tebal untuk menghindari terserang flu dan masuk angin
  • Sebelum mendaki gunung sebaiknya anda makan terlebih dahulu karena sangat berbahaya melakukan pendakian dengan perut kosong
  • Pastikan anda membawa peralatan kesehatan seperti obat – obatan, dan lainnya
  • Untuk mengabadikan beberapa momen penting sebaiknya anda membawa kamera dengan kualitas lensa yang baik.

****

Demikianlah pembahasan kita mengenai gunung nglanggeran atau gunung purba yang terdapat di kabupaten Gunung idul ini. anda bisa merasakan sensasi mendaki gunung yang cukup menantang. Selamat berlibur dan berkunjung.

Kunjungi juga yuk: Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Oke Trans-22