Wed. Nov 13th, 2019

OkeTrans22

Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan

Spot Tangan Raksasa di Malam Hari via IG @sutrisno935

Hutan Pinus Pengger – Indonesia memang Negara yang sangat subur, sehingga memiliki potensi alam yang sangat baik. Dengan jutaan hektar kawasan hutan terbuka dan hutan lindung.

Meski sebagian hutan sudah dialihfungsikan menjadi pemukiman, serta kawasan produktif lainnya, tetap masih ada yang terus dilestarikan dan dilindungi atau disebut sebagai hutan lindung. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia dijuluki sebagai paru – paru dunia.

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis hutan diantaranya tropis dan subtropis, hutan hujan tropis, serta masih banyak lagi jenis lainnya. Hutan – hutan ini sendiri memiliki tumbuhan yang beragam. Bahkan tidak sedikit kawasan hutan yang dialihfungsikan menjadi objek wisata alam.

Hal inilah yang paling menguntungkan dimana kita masih tetap menjaga kealamian dan kelestarian hutan namun masih bisa membantu mendongkrak perekonomian warga dan memberi masukan untuk daerahnya juga, tanpa harus merubah fungsi hutan tersebut.

Salah satu hutan yang dijadikan tempat wisata yang cukup popular adalah hutan pinus pengger yang terletak di kota Yogyakarta. Meski belum sepopuler tetangganya yaitu hutan pinus mangunan dan puncak becici, namun hutan pinus ini cukup banyak dicintai para pecinta alam.

Selain itu dari waktu ke waktu hutan ini semakin dikenal para wisatawan karena kecantikannya yang semakin terekspos.

Keindahan alam hutan pinus pengger mampu membuktikan jika kota Jogja memang surganya hutan pinus. Dengan suasananya yang sejuk, damai, serta asri membuat pengunjung semakin terpesona. Dan sangat cocok dijadikan tempat meditasi untuk menenangkan pikiran, sehingga ketika kembali kerumah sudah dalam keadaan fresh dan siap memulai hari dengan suasana hati yang lebih baik lagi.

Spot Foto Kece di Pinus Pengger via Menggapaiangkasa.com

Mengintip Lokasi Hutan Pinus Pengger yang Stategis

Hutan pinus pengger berlokasi di kawasan wisata mangunan yang berjejer dengan wisata keren lainnya seperti kebun buah mangunan, puncak becici, hutan pinus mangunan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tempatnya juga sangat stategi yang tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit menggunakan motor atau mobil. Sedangkan jarak tempuhnya sendiri hanya sekitar 21 kilometer.

Untuk lokasi tepatnya berada di jalan Dlingo – Patuk, Dusun Pantirejo, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kondisi jalan menuju hutan pinus ini cukup bagus dimana jalanannya didominasi dengan tikungan dan tanjakan, karena memang lokasi hutan ini didaerah perbukitan. Sehingga ketika melintas harus ekstra hati – hati. Namun tidak perlu takut sebab jalan seluruhnya sudah di aspal dan sangat nyaman dilalui.

Untuk sampai ke lokasi wisata kamu bisa naik motor atau mobil. Tapi jika kamu ingin merasakan sensasi perjalanan yang berbeda silahkan naik angkutan umum hingga ke terminal, lalu dilanjutkan menggunakan ojek.

Buat kamu yang penasaran ingin menaklukkan rutenya silahkan ikuti arahan dari kami, perjalanan akan kita mulai dari:

Pusat kota Jogja lalu ambil arah menuju jalan Wonosari kemudian jalan terus dan ambil arah menu bukit bintang, lalu jalan terus hingga kamu menemukan perempatan patuk, kemudian ambil arah menuju Dlingo. Kemudian ikuti jalan utama Dlingo hingga kamu menemukan lokasi wisata hutan pinus pengger.

Kamu jangan khawatir salah jalan sebab di sepanjang perjalanan akan ada petunjuk arah, kamu tinggal membaca dan ikuti arahannya, jika masih kurang yakin silahkan bertanya pada penduduk sekitar sebab malu bertanya akan sesat dijalan.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger Jogja

Satu hal yang perlu kamu tahu bahwa semua objek wisata alam di kota Jogja ini mematok tiket masuk dan tiket parkir yang sangat murah, bahkan lebih murah dari secangkir kopi yang kamu minum bersama teman. Begitu juga dengan hutan pinus pengger ini. bahkan kabar gembiranya lagi kamu tidak perlu membayar tiket untuk bisa masuk ke lokasi wisata alias gratis. Kita semua tahu ya bagaimana jika mendengar kata gratis!

Namun jika kamu nantinya memiliki rencana menikmati beberapa spot foto yang instagramable banget silahkan memberikan uang seikhlasnya untuk tambahan biaya perawatan tempat ini. tapi saat musim liburan tiba banyaknya pengunjung yang datang mengharuskan kamu sabar dan rela antri panjang untuk bisa menikmati spot foto ditempat ini ya.

Selain itu ada biaya lain yang harus kamu bayar, ini sih khusus buat yang berkendara dan menitipkan motor atau mobilnya di lokasi parkir yang telah disediakan. Tapi tidak perlu takut mengeluarkan banyak uang sebab biaya parkirnya juga murah banget. Untuk kendaraan roda dua atau motor cukup membayar Rp. 3000 saja sedangkan untuk kendaraan roda empat cukup membayar Rp. 5000 saja.

Tarif Kegiatan Tambahan di Hutan Pinus Pengger

Selain berwisata alam di hutan pinus pengger juga banyak kegiatan tambahan yang sering sekali dilakukan para pecinta alam dan ada beberapa pengunjung yang turut menikmatinya. Lalu yang jadi pertanyaan adakah biaya tambahan untuk bisa berkegiatan di tempat ini? jawabannya iya! Ada beberapa biaya tambahan, diantaranya:

  • Sepeda hutan : RP. 10.000 / orang
  • Jelajah alam : Rp. 10.000 / orang
  • Panjat tebing : Rp. 15.000 / orang
  • Flying fox : Rp. 15.000 / orang
  • Aula terbuka : 250.000 / 4 jam
  • Hammock : Rp. 10.000 / orang
  • Video clip : Rp. 250.000 / kegiatan
  • Foto prewedding : Rp. 200.000 / kegiatan
  • Camping ground : Rp. 15.000 / orang
  • Sewa panggung sekolah hutan komersial : Rp. 3.000.000 / kegiatan
  • Sewa panggung sekolah non komersial Rp. 1.000.000 / kegiatan
  • Film komersial : Rp. 1.000.000 / hari
  • Tempat kegiatan non panggung Rp. 200.000 / kegiatan

Untuk jam berkunjung ke lokasi wisata alam jogja ini bisa kapan saja, sebab dibuka 24 jam untuk umum. Biasanya sih para pengunjung lebih memilih menghabiskan malam ditempat ini dengan mengikuti acara camping ground, selain mendapatkan keseruan tersendiri juga bisa menjadi alternatif penghematan.

Fasilitas di Lokasi Wisata Alam Hutan Pinus

Untuk menjamin kenyamanan pengunjung, para petugas pemeliharaan hutan bersama sejumlah warga membangun beberapa fasilitas tambahan ditempat ini. sejak di resmikan hingga saat ini beberapa fasilitas pendukung yang cukup lengkap berhasil dibangun dan terus dilakukan perbaikan agar mampu menarik lebih banyak pengunjung lagi. Berikut diantaranya:

1. Area parkir

Area parkir dibangun di lahan yang cukup luas sehingga mampu menampung puluhan motor dan mobil, jadi meski kamu datang telat tidak  perlu takut tidak kebagian tempat parkir deh

2. Tempat Sampah

Terlihat di beberapa lokasi disediakan tempat sampah, agar pengunjung ikut membantu menjaga kebersihan lokasi wisata, karena kebersihan lingkungan sekitar kita bukanlah tanggung jawab salah satu pihak saja, namun menjadi tanggung jawab kita bersama

3. Toilet Umum

Meski berlokasi di perbukitan tapi tempat ini sudah dilengkapi dengan toilet umum yang cukup bersih dan wangi

4. Mushola

Tidak ketinggalan tempat ibadah buat kamu yang beragama islam. Jadi perjalanan liburanmu kali ini tidak mengalami kendala yang berarti

5. Gardu Pandang

Buat pengunjung yang ingin beristirahat sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya bisa langsung mencari beberapa gardu pandang yang tersedia disini. Biasanya pengunjung juga banyak yang berfoto – foto ditempat ini.

6. Warung Makan

Warga disekitar lokasi banyak yang menggantungkan hidupnya dari hutan pinus ini, salah satunya dengan cara membuka warung – warung makanan dan minuman. Meski baru dikelola oleh warga sekitar namun menu yang disediakan cukup lengkap dan pastinya lezat

7. Camping Ground

Ayo buat kamu yang memiliki rencana camping di hutan pinus pengger bisa langsung datang ke area camping ground. Tempat ini terlihat cukup luas sehingga cukup membuat kamu nyaman. Kamu cukup membayar Rp. 15.000 / orangnya.

8. Spot Foto Cantik

Salah satu keunggulan tempat ini adalah memiliki banyak sekali spot foto yang instagramable. Yang memang saat ini sedang digilai para anak muda yang punya hobi selfie dan fotografi.

Berbagai Spot Foto Instagramable

Melihat dari keberhasilan beberapa hutan pinus cantik di kawasan wisata mangunan ini yang berhasil memikat para wisatawan dengan berbagai spot foto yang cantik, membuat pengelola beserta masyarakat sekitar mencetuskan beberapa ide kreatif untuk membangun spot foto yang tidak kalah cantiknya dan pastinya menawarkan sesuatu yang berbeda.

Dan mereka membuktikan keberhasilan dari usaha dan kerja keras mereka yang bisa dilihat dari antusiasme pengunjung yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Banyak pengunjung yang mengagumi beberapa instalasi seni beraneka bentuk yang disusun dari ranting pohon yang sudah kering.

Spot Tangan Raksasa

Spot Tangan Raksasa di Malam Hari via IG @sutrisno935

Spot Tangan Raksasa di Malam Hari via IG @sutrisno935

Instalasi seni tersebut memiliki bentuk yang sangat unik dan cantik, salah satu yang menjadi favorit tempat ini adalah spot foto yang berbentuk seperti tangan raksasa yang juga digunakan sebagai gardu pandang. Kamu bisa berfoto ria dari tempat ini sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dari atas ketinggian karena letak spot foto ini di pinggir tebing yang cukup tinggi.

‘Sapu Terbang’ Sampai Rumah Indian

Rumah Indian via IG @halimah.azqiyah

Rumah Indian via IG @halimah.azqiyah

Kemudian kita beranjak ke spot foto lainnya yang tidak kalah indah dan serunya dengan masih bertemakan seni dari ranting pohon yang sudah mati mulai dari sapu terbang raksasa, sangkar burung hingga yang berbentuk setengah lingkaran menyerupai gapura.

Tapi saat musim liburan dimana jumlah pengunjung bisa melebihi kapasitas kamu harus rela antri panjang untuk bisa menikmati spot foto disini. Selain itu kamu juga tidak boleh terlalu lama di satu lokasi spot foto sebab harus bergantian dengan pengunjung lainnya. Jangan lupa pula untuk memberi sumbangan seikhlasnya saat berfoto di beberapa spot foto disini ya.

Hammock

Hammock Tower via Metrotvnews.com

Hammock Tower via Metrotvnews.com

Hal yang tidak kalah unik dari berfoto ria di tempat ini adalah sebuah tempat relaksasi dan terapi yang bisa kamu sewa dengan harga yang cukup murah yaitu sebuah hammock atau tempat tidur gantung relaksasi yang diikat pada dua buah pohon pinus memberikan sensasi baru seolah kita mengambang di udara.  Di atas hammock ini kamu juga bisa bebas berfoto. Dengan pengambilan foto dari sudut yang benar dan kualitas kamera yang lumayan bisa menghasilkan jepretan seperti karya para profesional fotografi.

Aktivitas Seru

Berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan wisata hutan pinus pengger

1. Jelajah alam

Menjelajah Hutan via Kemerahanid

Menjelajah Hutan via Kemerahan.id

Banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan di hutan pinus pngger ini salah satunya adalah menjelajah alam. Penjelajahan bisa dimulai dari area pintu masuk yang sudah sangat kental dengan nuansa alam. Terlihat pohon pinus yang sengaja ditanam berjejer rapi.

Terlihat dengan jelas pohon pinus yang hidup dengan subur dan menjulang tinggi seolah – olah menyentuh langit membuat suasana menjadi sejuk dan teduh. Bahkan terlihat dengan jelas beberapa titik lokasi yang memiliki suasana remang  – remang karena tertutup oleh kerindangan pohon pinus.

Perjalanan mendaki akan dimulai dengan jalan yang menanjak dan miring khas area perbukitan. Ada beberapa anak tangga yang terbuat dari tanah sebagai akses jalan di tempat ini. karena kontur tanahnya yang berbukit   dan bergelombang sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman, agar tidak mengganggu perjalanan kita nantinya.

Setelah menempuh beberapa meter kamu akan melihat beberapa spot foto yang cantik dan menarik. Terlihat pula arena playing fox yang cukup menantang. Kamu bisa berhenti sejenak di beberapa spot foto tersebut untuk foto selfie dan sekaligus beristirahat sejenak. Setelah puas kamu bisa menjelajah hutan kembali sambil menikmati udara yang segar dan belum tercemar polusi sama sekali.

2. Camping

Kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di hutan pinus pengger adalah camping. Terdapat sebuah area camping groun yang cukup luas dan nyaman pastinya. Kamu bisa menikmati suasana hutan di malam hari sambil mengadakan acara api unggun.

Biasanya para pengunjung yang camping akan mengadakan acara bakar ikan dan ayam untuk menambah keseruan malam ini. sambil bernyanyi gembira yang diiringi musik dari petikan gitar yang merdu. Tapi ingat jangan sampai sisa api unggun masih hidup saat kamu meninggalkan lokasi ini sebab ditakutkan bisa membakar hutan.

Hutan Pinus Pengger di Malam Hari

Hutan Pinus Pengger Malam Hari

Hutan Pinus Pengger Malam Hari via Menggapaiangkasa.com

Ketika malam datang bukan berarti keseruan dan keindahan di hutan pinus pengger ini berakhir, justru kamu bisa merasakan suasana yang berbeda di malam hari, dimana terlihat indahnya kerlap kerlip lampu kota Jogja dari ketinggian.

Selain itu keindahan lain juga tersaji dengan mengandalkan spot foto tangan raksasa yang menyala di malam hari membuat keindahannya semakin tinggi. Membuat hasil foto yang kamu hasilkan nantinya terlihat sempurna. Kamu juga bisa melihat gemerlap kota Jogja dari tempat ini, membuat suasana mala mini semakin syahdu dan romantis.

Keindahan malam hari semakin sempurna ketika kita melihat spot rumah Indian yang juga menyala di malam hari. Kamu bisa juga berfoto dari tempat ini dengan background kota jogja yang gemerlap di malam hari akan menghasilkan foto yang sangat artistik.

Tips Liburan

Berikut ini beberapa tips dan saran berkunjung ke wisata alam hutan pinus pengger:

  • Pastikan kondisi tubuh anda selalu fit dan prima agar tidak mengganggu liburan kali ini.
  • Udara perbukitan yang cukup dingin dengan terpaan angin yang cukup kencang maka sebaiknya gunakan baju hangat agar tidak terkena flu dan masuk angin
  • Bawa perlengkapan kesehatan seperti obat – obatan, dll
  • Jangan lupa untuk memasukkan kamera ke tas anda yang pastinya menjadi alat yang sangat penting ketika mengunjungi lokasi wisata yang memiliki beragam spot foto.
  • Jaga sopan santun ketika berkunjung serta keramahan pada warga sekitar dan pengunjung lain
  • Gunakan alas kaki yang nyaman contohnya sepatu tertutup atau snecker
  • Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan

****

Demikianlah ulasan mengenai hutan pinus pengger Jogja yang menyimpan sejuta pesona alam yang luar biasa. Belum lagi berbagai spot foto yang instagramable menambah keunikan dan daya tarik tempat ini. tunggu apa lagi?, ayo segera nikmati sendiri pesona hutan pinus pengger secara nyata. Selamat berkunjung dan terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Tempat Wisata Romantis Bukit Lintang Sewu di Bantul

oketrans22.com